DetikNews
Jumat 20 April 2018, 11:30 WIB

Dishub DKI Usul Operasional Truk Barang Dibatasi Saat Asian Games

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Dishub DKI Usul Operasional Truk Barang Dibatasi Saat Asian Games Ilustrasi lalu lintas di Jakarta. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Dishub DKI Jakarta mengusulkan pembatasan kendaraan barang saat Asian Games di jalan tol yang mengarah ke Jakarta. Dishub DKI ingin truk barang dibatasi melintas pada pukul 22.00-05.00 WIB.

"Tapi di Asian Games, semua tol yang melintas Jakarta kami usulkan pukul 22.00 sampai 05.00 WIB," kata Wakil Kepala Dishub DKI Sigit Widjatmoko saat dihubungi, Jumat (20/4/2018).



Dishub saat ini sedang melakukan simulasi lalu lintas. Salah satunya penyediaan jalan khusus bagi kendaraan pengangkut atlet Asian Games.

"Kita exercise juga dengan perambuan dan sebagainya. Yang paling penting mengedukasi masyarakat," jelasnya.



Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sebelumnya mengatakan sedang melakukan simulasi arus lalu lintas terkait perhelatan Asian Games di Jakarta. Simulasi ini dikaji terutama di wilayah kampung atlet dan venue Asian Games.

"Jadi lagi kita simulasi. Tadi saya sudah sampaikan juga ke Bapak Presiden bahwa kita sudah koordinasi, pihak kepolisian dan pihak Kementerian Perhubungan, BPTJ khususnya, melihat potensi dari pengelolaan lalu lintas. Kemungkinan penumpukan dari lalu lintas di sekitar kampung atlet dan venue," kata Sandiaga di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/4).

Salah satu simulasi yang dilakukan berkaitan dengan kegiatan sekolah. Jika memang berpengaruh pada kepadatan arus lalu lintas, usul meliburkan kegiatan belajar-mengajar di sekolah bisa diganti dengan memberikan tugas kepada siswa terkait dengan perhelatan Asian Games.

"Kalau itu akhirnya melalui simulasi mengharuskan kita mengurangi penumpukan itu, dengan salah satunya adalah mungkin bukan meliburkan sekolah ya, tapi sekolahnya diberikan tugas untuk meliput Asian Games, menulis karya wisata atau karya penulisan, karya tulis," kata Sandiaga.
(fdu/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed