DetikNews
Jumat 20 April 2018, 06:46 WIB

Di Film, Hansip Hanya Sekali Menjadi Jagoan

Aryo Bhawono - detikNews
Di Film, Hansip Hanya Sekali Menjadi Jagoan Udin Nganga dan H. Bokor berakting sebagai hansip (Montase foto: Mindra Purnomo)
Jakarta -

Warta alias Brontok, Hansip di desa Sukra Wetan, Kecamatan Sukra, Indramayu, mendadak popular pada akhir 2015 berkat aksinya di depan mikrofon yang mengundang tawa. Brontok memasang mimik muka serius ketika diminta membuka sebuah acara hajatan tapi isi pidatonya benar-benar tak bisa dicerna.

"Supaya atas nama kita, aja sampai terjadi ribut. Jadi maaf, tolong, kalau ribut saya tegangkan (maksudnya amankan, red). Ini atas nama bapak kuwu, pembina kapolsek, bos camat dan bekel," ucapnya dalam sebuah sambutan acara desa yang rekamannya diunggah ke youtube oleh akun Sandy Sandy.

Sosok Brontok cukup mewakili pandangan masyarakat kita pada umumnya mengenai Hansip di dunia sinema. Sejak 1980-an film nasional Indonesia menempatkan Hansip sebagai peran figuran untuk memancing tawa penonton.

Sebut saja aksi Muhammad Bokir bin Djiun dan Dorman Borisman. Keduanya melejit ketika berperan sebagai hansip dalam dua film horor yang dibintangi Suzana, Telaga Angker (1984) dan Malam Jumat Kliwon (1986). Peran keduanya tak lepas dari kejar-kejaran dengan setan.

Film komedi-pun turut menonjolkan Hansip sebagai sosok yang lucu dan konyol. Diding Boneng pernah melejit karena berperan sebagai Hansip dalam beberapa film Warkop DKI (Dono Kasino Indro). Peran yang dimainkannya juga menunjukkan kekonyolah seperti orang gila yang menyamar sebagai Hansip atau petugas Hansip yang suka memergoki anak muda pacaran di desa.

Film layar lebar yang memberikan Hansip sebagai tokoh utama adalah Operasi Hansip 13 yang dibuat tahun 1965. Film garapan Turino Djunaedy ini menceritakan mengenai aksi Hansip memberantas perjudian dan pelacuran hingga menangkap orang di balik gangguan masyarakat.

Layar televisi, melalui sinetron, tetap memberikan Hansip sebagai peran yang konyol. Mereka selalu digambarkan sebagai aparat yang tidak memiliki pekerjaan dan datang terlambat ketika ada peristiwa kejahatan.

Hanya ada satu film televisi (FTV) drama percintaan berjudul Hansip Penjaga Cinta menjadikan Hansip menjadi sosok utama. Film yang dibintangi oleh Yogi Finanda dan Kadek Devie, menampilkan persoalan rasa tidak percaya diri seorang Hansip muda yang tengah jatuh cinta.




(ayo/jat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed