DetikNews
Kamis 19 April 2018, 19:15 WIB

Sandiaga Ingin Bangun Cable Car di Setu Babakan

Mochamad Zhacky - detikNews
Sandiaga Ingin Bangun Cable Car di Setu Babakan Sandiaga di kawasan perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan pada Sabtu, 3 Maret lalu (Foto: Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno terpikir untuk membangun cable car di Setu Babakan, Jakarta Selatan. Sandi ingin cable car menghubungkan Setu Babakan dengan stasiun terdekat.

"Ini sebetulnya salah satu mimpi saya bahwa pariwisata di DKI itu akan lebih baik terhubung dengan angkutan yang ramah lingkungan, angkutan yang bisa dikemas dalam bingkai untuk menyatukan moda-moda destinasi wisata dengan angkutan yang masa kini," kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (19/4/2018).


"Saya berpikir nanti ada bagaimana stasiun kereta api yang dekat Setu Babakan itu tersambung dengan Setu Babakan, karena masuknya kan agak susah," lanjut dia.

Sandi menuturkan rencana pembangunan cable car ini masuk ke RPJMD DKI 2018-2022. Namun, proyeknya akan dikerjakan dengan skema kerja sama dengan swasta.

"Ini sekarang lagi diusulkan dalam skema public private partnership, di RPJMD sudah masuk. Salah satunya yang terpikir mungkin peningkatan di Ancol bisa kita pakai tambahan cable car," terang Sandi.


Namun, dia menyadari tidak mudah menyambungkan Setu Babakan dengan stasiun menggunakan cable car. Sebab, pembuatan cable car membutuhkan lahan yang cukup besar.

"Tapi cable car sekarang kan tidak seperti cable car yang dulu, yang sederhana tradisional," ujar Sandi.

Cable car merupakan kereta yang jalurnya berada di jalan raya. Salah satu kota yang memiliki cable car yakni San Fransisco, Amerika Serikat.
(zak/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed