detikNews
Kamis 19 April 2018, 18:43 WIB

Pabrik Miras Ciu di Gambir Berkedok Jualan Minyak Urut

Denita Br Matondang - detikNews
Pabrik Miras Ciu di Gambir Berkedok Jualan Minyak Urut Foto: Denita/detikcom
FOKUS BERITA: Maut Miras Oplosan
Jakarta - Para tetangga TPN (65) di Kelurahan Duri Pulo, Gambir, Jakarta Pusat, tidak mengetahui TPN memproduksi miras jenis ciu di rumahnya. Selama ini, TPN mengaku berjualan minyak urut.

"Nggak tahu (TPN jual miras jenis ciu). Saya tahunya dia jual sejenis obat-obat tradisional gitu sejenis minyak urut, " kata Titin (56), tetangga TPN, di Jalan Sinyar II, Kelurahan Duri Pulo, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2018).

Rumah Titin terletak di samping rumah TPN. Titin mengatakan sudah lebih dari 5 tahun ia bertetangga dengan TPN. TPN juga dikenal sebagai sosok yang murah hati dan aktif di lingkungan tersebut.


"Dia sih orangnya baik, bersosialisasi dengan orang sini juga. Kalau ada acara di lingkungan, dia suka menyumbang, " ucap Titin.

Titin tidak pernah curiga TPN memproduksi miras jenis ciu. Ia pun mengaku kaget rumah TPN digerebek polisi.

"Kaget saya (rumah TPN digerebek polisi). Saya juga nggak pernah masuk rumahnya. Ada orang datang ke rumahnya mau beli ciu juga saya nggak pernah lihat, " ucap Titin.


Polisi menggerebek rumah TPN siang tadi karena memproduksi miras jenis ciu. TPN mengaku meracik sendiri ciu itu karena berdasarkan resep warisan almarhum suaminya.

Polisi menyita sejumlah peralatan untuk membuat ciu dan ciu siap edar. Atas perbuatannya, TPN diduga telah melanggar Pasal 142 UU RI No 18 Tahun 2012 tentang Perlindungan Konsumen.
(mea/mea)
FOKUS BERITA: Maut Miras Oplosan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed