DetikNews
Kamis 19 April 2018, 18:30 WIB

Dishub DKI: Tak Ada Tindakan Tilang Selama Uji Coba Ganjil-Genap

Indra Komara - detikNews
Dishub DKI: Tak Ada Tindakan Tilang Selama Uji Coba Ganjil-Genap Ilustrasi pemeriksaan kendaraan ganjil-genap. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko memastikan tidak ada tindakan tilang saat uji coba aturan ganjil-genap pekan depan. Uji coba ganjil-genap itu akan diberlakukan mulai pukul 06.00 sampai 07.00 WIB, Senin (23/4/2018).

"Ini baru uji coba ya, uji coba itu tidak ada tindakan hukum secara tilang atau apa itu nggak. Uji coba sifatnya sekaligus sosialisasi terhadap pengendara, yang terpenting adalah bagaimana kita melihat perubahan perilaku perjalanan masyarakat, dan penggunaan kendaraan pribadinya, itu yang kita harapkan karena itu merupakan bagian dari proses Asian Games," kata Sigit saat dihubungi wartawan, Kamis (19/4/2018).


Sigit menjelaskan jam operasional ganjil-genap dimajukan di jalan protokol Jakarta setelah Dinas Perhubungan mendapatkan laporan dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) terkait efektivitas penerapan sistem ganjil-genap.

"Untuk mendukung kinerja kan kita ada bicara lalu lintas itu ada bangkitan, ada tarikan, makanya kajian dari BPTJ ada penambahan waktu di ruas Jalan Sudirman-Thamrin yang sudah dilaksanakan ganjil-genap bisa menjadi tambahan, stimulan," jelasnya.


Uji coba ini akan dilakukan selama satu minggu dan tidak ada tindakan tilang. Tilang baru diterapkan jika sudah di atas pukul 07.00 WIB.

"Termasuk juga menjadi edukasi kepada masyarakat, artinya selama uji coba ini disepakati tidak (ada) penegakan hukum, sanksi tidak ada nih. Waktunya dimajukan 06.00 sampai 07.00 WIB ini tidak ditindak nih seperti penilangan, tetapi jika di atas pukul 07.00 WIB baru ada penindakan," papar Sigit.

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno sebelumnya setuju dengan usulan BPTJ memajukan jam operasional ganjil-genap di jalan protokol Jakarta. Sandiaga juga sudah berbicara dengan Dinas Perhubungan.

"Pembatasan ganjil-genap, saya dukung BPTJ. Saya konsultasi dengan kadis. Dia bilang siap. Ganjil-genap dipercepat pukul 06.00 WIB pagi (uji coba) Senin depan. Catat," kata Sandi di JS Luwansa Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (19/4).
(idn/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed