DetikNews
Kamis 19 April 2018, 15:37 WIB

Sandiaga: Urat Pesimis Saya Sudah Putus Sejak Lama

Indra Komara - detikNews
Sandiaga: Urat Pesimis Saya Sudah Putus Sejak Lama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno yakin penataan trotoar Sudirman-Thamrin selesai sebelum Asian Games 2018. Sandi mengatakan urat pesimistisnya sudah putus, sehingga dia optimistis trotoar Sudirman-Thamrin selesai sesuai dengan rencana.

"Urat pesimis saya sudah putus sejak lama. Saya optimis terus. Urat pesimis dan urat negative energy ini sudah lama hilang. Saya pokoknya positif saja," kata Sandi di Munas Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) di JW Marriot Hotel, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (19/4/2018).

Kepala Dinas Bina Marga Yusmada Faizal, yang juga hadir dalam acara tersebut, mengatakan penyelesaian trotoar Sudirman-Thamrin tak hanya soal penampakan estetika di sepanjang jalan. Pengerjaan utilitas kabel juga diharapkan selesai tepat waktu sehingga tidak ada pengerjaan yang dilakukan berulang.


"Tujuan kita sekalian menata trotoar, menata jalan, sekaligus menata utilitas kota," jelasnya.

"Ketika trotoar itu jadi sudah, tidak ada pembongkaran lagi. Jadi sudah kita siapkan boks-boks utilitas," lanjut Yusmada.

Konsep trotoar Sudirman-Thamrin sudah dipaparkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 6 Maret lalu. Dijelaskan Anies saat itu, trotoar tersebut nantinya akan dibuat sebagai pusat budaya dan kesenian. Warga yang menyusuri sepanjang trotoar akan disuguhi berbagai bentuk kesenian.


"Dia harus menjadi ruang ekspresi budaya, baik dari sisi rancangan maupun fasilitasnya. Maka nanti akan ada tempat kita jika menyaksikan peforma kesenian setiap sore sepanjang Sudirman-Thamrin. Nanti di sana akan ada kesenian, termasuk di bawah jembatan simpang Semanggi," paparnya di Balai Kota, Selasa (6/3).

Selain itu, Anies ingin menjadikan trotoar Sudirman-Thamrin sebagai tempat edukasi untuk anak-anak. Beberapa lantai sepanjang trotoar nanti akan terbuat dari kaca yang memperlihatkan kondisi bawah tanah Jalan Sudirman-Thamrin.

"Jalan di bawahnya banyak sekali saluran pipa, saluran air bersih, kabel-kabel. Saya minta pastikan ada lubang nanti jalan melihat di bawah trotoar itu ada apa. Jadi nanti akan ada seperti kaca melihat di bawah. Jadi bukan cuma tempat lalu-lalang, ekspresi budaya, tapi edukasi," jelas Anies.
(idn/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed