DetikNews
Kamis 19 April 2018, 15:30 WIB

Pascalongsor di Jalur Riau-Sumbar, Lalin Sudah Bisa Dilalui

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Pascalongsor di Jalur Riau-Sumbar, Lalin Sudah Bisa Dilalui Foto: ist.
Pekanbaru - Jalur lintas Riau-Sumatera Barat (Sumbar) sempat terganggu akibat badan jalan tertimbun longsoran. Kini arus lalu lintas berangsur pulih setelah alat berat tiba di lokasi.

"Arus lalu linta sejak siang tadi berangsur lancar. Ini setelah alat berat tiba di lokasi yang langsung bekerja membersihkan runtuhan batu dari tebing," kata Kepala Pusat Penanggulangan Operasi BPBD Kampar, Adi Chandra kepada wartawan, Kamis (19/4/2018).



Saat ini kendaraan bus atau truk sudah bisa melintas. Walau demikian, arus lalu lintas masih menggunakan sistem buka tutup.

"Batuan besar yang menimbun bahu jalan kini sudah dibersihkan dengan alat berat. Tim gabungan bersama masyarakat masih terus bekerja membersihkan sisa-sisa longsoran," kata Adi.

Sebagaimana diketahui, lokasi longsor itu tepatnya di Km 77/78 di Kec Kuok, Kabupaten Kampar yang berbatasan dengan Sumbar. Longsoran tebing ini terjadi sekitar pukul 05.00 WIB tadi pagi.


Di lokasi itu, tadi pagi hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat saja. Sedangkan truk dan bus terpaksa menggunakan jalur alternatif. Namun kini, truk dan bus bisa melintas walau dengan sistem buka tutup.

Selain karena ada hujan deras, longsoran itu diduga akibat aktivitas warga yang mencari batu tebing. Pemkab Kampar sudah lama melarang warga yang mencari batu dengan membongkar tebing jalan. Namun pelarangan itu tidak pernah digubris.
(cha/tfq)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed