DetikNews
Kamis 19 April 2018, 14:51 WIB

Kapal Angkut TKI Kehabisan BBM, Terombang-ambing di Selat Singapura

Agus Siswanto - detikNews
Kapal Angkut TKI Kehabisan BBM, Terombang-ambing di Selat Singapura Foto: Para TKI yang dievakuasi dari kapal kehabisan bahan bakar/Istimewa
Batam - Kapal yang mengangkut Tenagar Kerja Indonesia (TKI) dari Johor Malaysia ke Bintan sempat terombang-ambing di selat Singapura. Penyebabnya, kapal tersebut kehabisan bahan bakar.

Kapal jenis speedboat itu melaporkan kejadian kehabisan bahan bakar sekitar pukul 03.55 WIB, Kamis (19/4/2018). Kapal itu bertolak dari Bandar Penawar Johor ke Bintan/Batam.

Speedboat itu mengangkut 101 penumpang dan 5 awak kapal. Tim gabungan dari kepolisian -- terdiri dari tim Mabes Polri dan Polda Kepri -- serta TNI AL kemudian tiba di lokasi, yang berada di selat Singapura untuk melakukan evakuasi.

"Semua penumpang sebanyak 101 orang dan 5 anak buah kapal selamat," ujar Kapolresta Barelang Batam Kombes Hengki kepada wartawan.

Hengki mengatakan, kapal tersebut mengangkut para TKI yang bekerja di Malaysia yang akan kembali ke kampung halaman.

"Mereka ingin pulang ke kampung halaman, di tengah jalan bahan bakar habis," kata Hengki.

Hengki menyatakan semua penumpang dalam keadaan sehat. Ada dua orang perempuan yang perlu ditangani secara intensif karena sedang hamil.

Danlantamal IV Tanjung Pinang Kepri Laksma Ribut Eko Suyatno menyatakan pihaknya mengerahkan Kapal Mapor dan Anakonda ke lokasi.

"Di lokasi kejadian tim berkoordinasi dengan Kapal Baladewa untuk selanjutnya dari hasil koordinasi proses evakuasi total penumpang dilakukan di Kapal Baladewa," ujar Ribut Eko.


(fjp/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed