Bersarung, Jokowi Buka Muslim Fashion Festival di JCC

Ray Jordan - detikNews
Kamis, 19 Apr 2018 11:56 WIB
Presiden Jokowi buka Muslim Fashion Festival 2018. (Ray Jordan/detikcom)
Jakarta - Setelah meresmikan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) di Kemayoran, Jakarta Pusat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung menuju Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan. Jokowi meresmikan Muslim Fashion Festival (Mufest) Indonesia 2018.

Jokowi tiba di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (19/4/2018) pukul 11.05 WIB. Pantauan detikcom, Jokowi mengenakan kemeja batik lengan panjang dan celana panjang berwarna hitam. Dia juga memakai kopiah berwarna hitam sebagai penutup kepala.


Jokowi juga memakai kain sarung berwarna biru. Kain itu diikat menutupi bagian bawah kemejanya dari pinggang hingga bawah lutut.

Presiden Jokowi buka Muslim Fashion Festival 2018Presiden Jokowi membuka acara Muslim Fashion Festival 2018. (Ray Jordan/detikcom)

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan masyarakat saat ini hidup di era perkembangan yang cepat dan dahsyat.

"Mau tidak mau, suka tidak suka, kita sekarang ini hidup di era teknologi. Kedua, suka tidak suka, kita hidup di era globalisasi yang pada dasarnya merupakan era keterbukaan dan era persaingan negara, era kompetisi. Dan ketiga, kita hidup di era lifestyle," kata Jokowi.


Jokowi mengatakan gaya busana muslim sudah mulai mendunia. Negara Arab Saudi juga sudah mulai terbuka dan menggelar acara Saudi Fashion Week.

"Artinya, sudah mulai membuka diri melakukan modernisasi," katanya.

Jokowi pun mengatakan industri kreatif dan industri fashion memegang peran penting dalam era keterbukaan dan modernisasi ini. Dia pun berharap modernisasi tersebut tidak melupakan nilai keagamaan dan budaya Indonesia.

"Jangan sampai kita lepas dari nilai keagamaan, dari akar kebudayaan dan tradisi yang kita punyai," katanya. (rjo/hri)