ADVERTISEMENT

Polisi Periksa Abu Janda Pelapor Rocky Gerung

Mei Amelia R - detikNews
Kamis, 19 Apr 2018 10:14 WIB
Abu Janda mempolisikan Rocky Gerung. (Vino/detikcom)
Jakarta - Penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menjadwalkan pemeriksaan terhadap Permadi Arya alias Abu Janda siang ini. Abu Janda akan dimintai keterangan sebagai pelapor atas laporannya terhadap Rocky Gerung.

"Hari ini agendanya (pemeriksaan) saksi pelapor yang diundang untuk dimintai keterangan dan 2 saksi lainnya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dihubungi detikcom, Kamis (19/4/2018).

Dihubungi terpisah, Arya membenarkan adanya pemanggilan penyidik terhadapnya. Dia diperiksa sebagai saksi pelapor atas laporannya soal Rocky Gerung.



"Kalau tidak salah pukul 12.00 WIB pemeriksaannya. Saya sama saksi akan datang," kata Arya.

Ini pertama kalinya Arya diperiksa terkait laporannya itu. Dia berharap proses hukum atas laporannya bisa cepat selesai hingga ke persidangan.

"Saya sih serahkan ke penegak hukum, mereka punya wewenang yang menentukan apakah kasus ini lanjut atau tidak. Di sini ada ujaran kebencian," lanjutnya.


Arya melaporkan Rocky Gerung atas ucapannya soal 'kitab suci itu fiksi' yang beredar di YouTube. Menurut Arya, pernyataan Rocky itu sudah jelas melanggar hukum.

Laporan tersebut tertuang dengan nomor polisi TBL/2001/IV/2018/PMJ/Dit.Reskrimsus tertanggal 11 April 2018. Perkara yang dilaporkan adalah dugaan menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan sesuai dengan Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45 A ayat (2) UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 Tahun 2008 tentang ITE.

Pernyataan Rocky soal 'kitab suci itu fiksi' disampaikannya dalam sebuah acara di stasiun televisi swasta. Saat itu Rocky menjadi pembicara terakhir dan dipersilakan menyampaikan pendapat terkait tema yang diusung.

Rocky awalnya bicara soal pentingnya masyarakat membaca fiksi. Bagi Rocky, fiksi merupakan energi yang mengaktifkan imajinasi.

Dia kemudian menjelaskan perbedaan antara fiksi dan fakta. Kata dia, lawan fiksi itu realitas, bukan fakta.

Rocky tiba-tiba bertanya kepada seluruh pembicara yang hadir di acara tersebut. Dia mengatakan 'apakah kitab suci itu fiksi atau bukan'.

Tak ada yang menjawab terkait pertanyaan tersebut sampai akhirnya Rocky menegaskan kitab suci itu adalah fiksi. Beberapa pembicara tampak tak setuju dengan pernyataan Rocky. Dia pun memberikan penjelasan perihal pernyataan tersebut.


Video 20Detik: Ucapan Rocky Gerung 'Kitab Suci Itu Fiksi' Jadi Kontroversi

[Gambas:Video 20detik]

(mei/hri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT