DetikNews
Rabu 18 April 2018, 17:06 WIB

Terduga Penembak Rombongan Tito Karnavian di Papua Ditangkap

Wilpret Siagian - detikNews
Terduga Penembak Rombongan Tito Karnavian di Papua Ditangkap Ilustrasi (dok.detikcom)
Jayapura - Tier Wonda salah satu terduga pelaku penembakan terhadap rombongan Kapolda Papua tahun 2012, Tito Karnavian ditangkap Timsus Polda Papua dan Polres Jayawijaya. Tier ditangkap di Wamena, Jayawijaya.

"Tier Wonda ini salah satu terduga pelaku penembakan terhadap rombongan Pak Kapolda Papua Tito Karnavian pada tanggal 29 November 2012 lalu telah ditangkap. Saat dilakukan penangkapan pelaku tidak melakukan perlawanan," ujar Kapolres Jayawijaya, AKBP Yan Piter Reba saat dihubungi detikcom, Rabu (19/4/2018).

Terduga pelaku ditangkap bersama beberapa orang yang berada dalam mobil angkutan yang berada di terminal Sinakma, Wamena, Kabupaten Jayawijaya pada Rabu (17/4) kemarin pukul 09.00 Wit. Saat itu, Tier hendak berangkat dari Wamena menuju Lanny Jaya menggunakan mobil angkutan tersebut.

"Saat ditangkap, dari tersangka ditemukan senjata api, jenis Revolver cal.38 mm Pindad dengan No. AE. S 027590 dan 16 butir Amunisi Pistol Revolver Cal.38 mm dan sudah diamankan sebagai barang bukti," ujar Yan.


Yan Reba menjelaskan, Timsus telah membuntuti Tier Wonda selama 1 minggu.

" Saat ini Toer Wonda telah diserahkan ke Polda Papua untuk proses selanjutnya," tambahnya.

Kasus penembakan rombongan Kapolda Papua, Tito Karnavian terjadi 29 November 2012 lalu. Saat itu rombongan hendak melakukan kunjungan di Kabupaten Lanny Jaya. Rombongan Kapolda Papua bertemu dengan sekelompok orang yang diduga membawa senjata api. Saat dilakukan pengejaran, kelompok tersebut balik melakukan penembakan terhadap mobil yang ditumpangi Kapolda, sehingga terjadi baku tembak. Namun dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed