DetikNews
Selasa 17 April 2018, 16:49 WIB

KPAI akan Temui Kemendikbud Bahas UNBK Sulit

Denita Matondang - detikNews
KPAI akan Temui Kemendikbud Bahas UNBK Sulit Foto: Ilustrasi, siswa SMK mengikuti UNBK. (Grandyos Zafna-detikcom)
Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) berencana menemui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) soal sulitnya UNBK SMA Tahun 2018. Pertemuan ini diharapkan bisa melahirkan evaluasi bagi kedua lembaga dalam menyiapkan soal ujian nasional.

"Kami akan lakukan secepatnya kalau bisa minggu depan, kami lagi susun apa position papernya. Karena kami juga mau menembuskan ke DPR komisi X, mereka juga mestinya memanggil Kemendikbud untuk meminta pertanggungjawaban, penjelasan itu yang kami harapkan," ujar Komisioner KPAI Retno Listyarti di Gedung KPAI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/4/2018).


Kepada Kemendikbud, Retno ingin evaluasi bisa dilakukan secara transparan dengan melibatkan pihak luar. Evaluasi secara transparan dan eksternal ini agar lebih berimbang.

"Jadi evaluasi yang kami minta bukan evaluasi internal Kemendikbud, tetapi evaluasi yang melibatkan pihak luar kemendikbud agar lebih netral dan berimbang. Jadi, jangan memanggil dosen-dosen tapi guru, yang sering ini kan melibatkan dosen. Yang dites anak SMA, dosen nggak pernah ajar SMA, tapi dilibatkan dalam soal-soal itu, ujar Retno.

Dalam evaluasi itu, para guru bisa menyampaikan pandangan mengenai sulitnya matematika di UNBK. Pandangan dari guru dinilai bisa meminimalisir siswa kesulitan mengerjakan UN.

"Tapi kami percaya beberapa guru dari organisasi guru itu dilibatkan untuk melihat atau untuk mendiskusikan dan menganalisa soal-soal HOTS matematika ini. Semoga ada pertimbangan, semoga guru ini didengar juga karena mungkin mereka tidak pernah mengajarkan itu tetap diujikan," ucap Retno.


Selain masalah UNBK, KPAI juga akan mendorong Kemendikbud untuk memenuhi 8 standar pendidikan bagi anak, terutama masalah kualitas guru dan sarana prasarana. Menurut Rertno, siswa akan memiliki kualitas yang baik bila memenuhi setidaknya dua hal itu.


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed