DetikNews
Selasa 17 April 2018, 16:17 WIB

Tertipu Abu Tours, Tukang Becak Jadi Umrah Usai Dibantu Donatur

M Bakrie - detikNews
Tertipu Abu Tours, Tukang Becak Jadi Umrah Usai Dibantu Donatur
Makassar - Tukang becak asal Maros, Ummareng (63), bersama istrinya, Siti Fatimah (58), akhirnya bisa menjadi tamu Allah. Sebelumnya, ia gagal berangkat karena uangnya dibawa kabur Abu Tours.

"Kami sangat bersyukur. Allah menunjukkan kuasa-Nya kepada kami. Akhirnya kami akan secepatnya melihat Kakbah secara langsung. Kami berterima kasih ke semua pihak yang mewujudkan mimpi kami," kata Ummareng kepada detikcom, Selasa (17/4/2018).

Warga Desa Marumpa, Kecamatan Marusu, Maros, Sulawesi Selatan, itu berangkat menuju Jeddah melalui Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, dan transit di Bandara Soekarno-Hatta siang ini.
Tertipu Abu Tours, Tukang Becak Jadi Umrah Usai Dibantu DonaturUmarreng, tukang becak korban penipuan biro travel umrah. (Screenshot Mata Najwa)

Azizah Umar, yang mendampingi Ummareng, juga tidak bisa menyembunyikan rasa bahagia. Sebagai agen, tentunya ia selama ini juga merasa bersalah atas kasus Abu Tours yang membuat puluhan jemaahnya batal berangkat.

"Saya merasa sangat bersyukur bisa diberi jalan sama Allah ikut di Mata Najwa. Dari situ, saya sangat bersyukur, ternyata sangat banyak donatur yang menghubungi saya. Mereka semua bersedia mendanai," sebut Azizah.


Ummareng merupakan salah satu korban Abu Tours. Ia rela mengumpulkan uang dari upah mengayuh becak selama delapan tahun untuk mendaftar umrah. Bahkan uang haji yang telah disetor di Kemenag Maros ia tarik untuk umrah melalui Abu Tours.

Setelah CEO Abu Tours Hamzah Mamba resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polda Sulsel, impian Ummareng untuk berangkat umrah pun seolah pupus. Hanya, ia berusaha ikhlas hingga akhirnya dipanggil menjadi bintang tamu di Mata Najwa beberapa waktu lalu.

Dari situ, impian Ummareng yang seolah pupus kembali tumbuh. Saat masih berada di studio, ia telah dihubungi seorang donatur yang mengaku siap mendanai pemberangkatannya bersama istrinya.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed