DetikNews
Selasa 17 April 2018, 14:19 WIB

Pemprov DKI Mulai Survei Lapangan untuk Bangun Kampung Akuarium

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Pemprov DKI Mulai Survei Lapangan untuk Bangun Kampung Akuarium Tenda di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakut, Sabtu (14/4/2018). Foto: Denita Matondang-detikcom
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera membangun kembali Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman mulai melakukan survei ke lokasi pembangunan tersebut.

"Sekarang sudah survei lapangan," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Agustino Darmawan, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (17/4/2018).



Agustino mengatakan pembangunan Kampung Akuarium akan menggandeng Dinas Pariwisata. Menurutnya, pemukiman tersebut akan diitegrasikan dengan pariwisata.

"Semua stakeholder akan diajak. Pokoknya nanti pemukiman dan wisata," tuturnya.

Agustino juga mengatakan pihaknya tengah menyusun konsep pembangunan kampung tersebut. Dia belum bisa memastikan kapan pembangunan Kampung Akuarium akan dimulai.

"Kita bikin master plannya dulu," sebutnya.



Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan Pemprov DKI akan kembali membangun perkampungan warga yang pernah digusur di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Pembangunan akan dimulai tahun ini.

"Rencananya akan dibangun tahun ini," kata Sandiaga setelah menonton film di bioskop di daerah Blok M, Jakarta Selatan, Senin (16/4).



Sandiaga mengatakan masih menampung aspirasi warga untuk menentukan konsep pembangunan kampung tersebut. Namun, Sandiaga menuturkan, kebanyakan aspirasi warga membangun rusun dua lantai.

"Yang diharapkan mereka adalah rumah yang dibangun dua lantai. Rumah yang kita sebut sebagai bagian dari community action plan. Kita akan tentunya pastikan dulu dialog sama warga," jelas Sandiaga.
(fdu/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed