DetikNews
Selasa 17 April 2018, 12:20 WIB

Ziarah ke Makam Bung Tomo, Ketua MPR: Takbirnya Mengubah Sejarah

Muhammad Idris - detikNews
Ziarah ke Makam Bung Tomo, Ketua MPR: Takbirnya Mengubah Sejarah Ketua MPR Zulhasan berziarah ke makam Bung Tomo (Dok. MPR)
Surabaya - Ketua MPR, Zulkifli Hasan, tengah melakukan kunjungan safari ke sejumlah daerah di Jawa Timur. Salah satu tempat yang disambanginya pada Senin (16/4/2018), yakni makam pejuang nasional Soetomo atau yang lebih dikenal dengan panggilan Bung Tomo di Surabaya.

Menurut Zulhasan, sapaan akrabnya Bung Tomo adalah salah satu sosok yang mengubah sejarah. Melalui pekik takbirnya, dia menggelorakan semangat perjuangan rakyat di Surabaya melawan penjajah pada 10 November 1945.

"Takbir Bung Tomo mengubah sejarah menggerakkan anak bangsa melawan penjajah. Sampai sekarang kita peringati 10 November itu sebagai Hari Pahlawan," kata Zulhasan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/4/2018).

Diungkapkan, Bung Tomo membuktikan bahwa Takbir tidak identik dengan radikal, terorisme apalagi kekerasan dan intoleransi. Lanjut dia, Bung Tomo juga menjadi bukti bersatunya ulama, kyai dan umara dalam merebut kemerdekaan.

"Takbir justru menjadi inspirasi kesadaran untuk merdeka. Melalui resolusi jihad Mbah Hasyim Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman, kesadaran agama dan bela negara hadir. Ini bukti bahwa sudah sejak lama Islam dan Kebangsaan lebur dalam kebhinnekaan," ujar Zulhasan.

"Al Fatihah, kita doakan beliau Bung Tomo diterima di tempat terbaik di sisi Allah bersama para pahlawan bangsa," tutup seraya mendoakan.
(idr/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed