DetikNews
Selasa 17 April 2018, 11:57 WIB

Kader Muda Demokrat Dorong AHY Maju Pilpres 2019

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kader Muda Demokrat Dorong AHY Maju Pilpres 2019 Agus Harimurti Yudhoyono (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto mengatakan kader Demokrat kompak mendorong Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) maju sebagai capres/cawapres pada Pilpres 2019. Dorongan itu terutama muncul dari kader muda.

"Yang menginginkan ini kader (Demokrat) seluruh Indonesia. Terutama kawula mudanya. Semuanya gegap gempita mendorong AHY ini menjadi next leader," ujar Agus di DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (17/4/2018).

Agus mengatakan kader muda Demokrat menilai AHY sebagai calon pemimpin nasional yang tepat untuk Indonesia. Regenerasi kepemimpinan nasional menurutnya sudah tepat waktunya.

"Sehingga memang yang disampaikan bahwa nantinya AHY tentunya menjadi next leader di dalam Pilpres 2019," ujar Agus.

Namun, bila AHY tidak maju di pilpres, Demokrat tetap mempertimbangkan calon yang akan diusung. Saat ini Demokrat masih menggodok opsi terkait koalisi di pilpres.

"PD ingin menggunakan waktu itu seefektif mungkin dalam hal ini memang PD bisa mempunyai berbagai kemungkinan. Pertama, barangkali bisa membuat poros ketiga; kedua, bisa masuk ke dalam salah satu poros yang ada, poros yang ada saat ini tentunya poros Pak Jokowi sama poros Pak Prabowo," tutur Agus.

Nama AHY memang masuk ke sejumlah survei. Lembaga Survei KedaiKOPI, misalnya, merilis respons responden terhadap AHY terkait cawapres. AHY mendapat elektabilitas 8,7 persen di bawah Gatot Nurmantyo, dengan elektabilitas 14,7 persen.

Sedangkan Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei terkait capres. AHY berada di posisi ketujuh, jauh di bawah Joko Widodo, Prabowo Subianto, termasuk Gatot Nurmantyo.




(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +