DetikNews
Selasa 17 April 2018, 10:47 WIB

Tolong! Tumor Ganas Ini Tutupi Muka Warga NTB

Faruk Nickyrawi - detikNews
Tolong! Tumor Ganas Ini Tutupi Muka Warga NTB Hasan yang mengidap penyakit tumor di pipi. (ist.)
Dompu - Tiga tahun sudah Hasan (46) hidup dengan tumor ganas di wajah. Ia tak punya biaya untuk mengobati penyakitnya ini. Kini dia hanya mengobatinya menggunakan obat tradisional.

Pria asal Desa Sorisakolo, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, NTB, itu kini hanya bisa pasrah dan menunggu uluran tangan dari para dermawan. Permintaan pertolongan kepada sanak saudara dan tetangga tak didapatkannya untuk meringankan beban.

Penyakit yang diderita Hasan berawal dari benjolan kecil yang dikira bisul. Saat itu dia seraya membiarkan, tapi semakin lama benjolan itu kian membesar.

Khawatir akan makin parah, Hasan pun memutuskan mengoperasinya. Sempat sembuh, benjolan itu kambuh dan tumbuh lagi hingga saat ini.

"Tahun 2015 lalu pernah dioperasi di Rumah Sakit Dompu. Waktu itu masih sebesar kemiri," ungkap Hasan kepada detikcom Selasa (17/4/2018).

Karena kembali kambuh, dia kerap disarankan oleh pihak RSUD Dompu melanjutkan pengobatan di RSUP Mataram. Namun apa daya, dia terkendala biaya.

"Saya sempat ke RSUD Mataram, tapi dokter angkat tangan karena tidak mampu mengobati di RSUP itu. Saya justru diarahkan agar berobat di RS Sanglah, Bali, Denpasar," ceritanya.

Penyakit yang diderita Hasan ini secepatnya harus diobati dan dioperasi. Kalau tidak, tumor tersebut akan menjelar ke seluruh wajahnya. Seperti yang terjadi saat ini.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed