DetikNews
Senin 16 April 2018, 18:46 WIB

Lusa, Polisi Periksa Facebook Indonesia Terkait Data Bocor

Audrey Santoso - detikNews
Lusa, Polisi Periksa Facebook Indonesia Terkait Data Bocor Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (Foto: Zunita/detikcom)
Jakarta - Polisi akan memeriksa perwakilan Facebook Indonesia terkait kebocoran data penggunanya besok lusa, Rabu (18/4). Pemeriksaan akan dilakukan di kantor Bareskrim cabang Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Rencana hari Rabu , FB Indonesia akan diminta keterangan di Bareskrim," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto kepada detikcom, Senin (16/4/2018).

Dikonfirmasi terpisah, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal menuturkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) masih mempertimbangkan sikap terhadap Facebook. Iqbal menerangkan Facebook diperbolehkan tetap beroperasi di Indonesia bila sesuai budaya dan etika yang berlaku di Indonesia.



"Bentuk tindakan yang akan diberikan kepada Facebook masih dipertimbangkan oleh Kemenkominfo selaku regulator. Sejauh Facebook dapat memenuhi standar yang berlaku sesuai norma, etika dan adat istiadat yang ada di Indonesia maka keberadaannya akan tetap terjamin di Indonesia," terang Iqbal.

Facebook Indonesia masih belum juga memberikan hasil auditnya kepada pemerintah, yang dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika, meski sudah hampir dua minggu berselang pasca kebocoran data.

Hal itu dikemukakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di sela-sela acara tuntasnya penataan ulang pita frekuensi radio 2,1 GHz di Menara Merdeka, Jakarta, tadi pagi.

"Belum ada (hasil auditnya). Belum tahu saya," kata Rudiantara yang langsung meninggalkan tempat acara.



Sudah hampir dua minggu berlalu sejak diketahui bahwa pengguna Facebook di Indonesia turut dicuri oleh pihak ketiga, yakni Cambridge Analytica. Setidaknya 87 juta pengguna yang bocor, ada 1.096.666 atau sekitar 1,3% yang disalahgunakan itu merupakan pengguna Facebook di Indonesia.

Usai data itu terbongkar, perwakilan Facebook Indonesia melakukan pertemuan dengan Menkominfo yang berlangsung pada Kamis (5/4/2018) di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta.

Pada kesempatan itu, Facebook Indonesia berjanji untuk melakukan audit mengenai kebocoran yang melibatkan pengguna dari Indonesia, dari mengenai datanya untuk apa hingga bagaimana pemulihan yang dilakukan Facebook.



(aud/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed