DetikNews
Senin 16 April 2018, 16:32 WIB

Beri Dukungan, Ratna Sarumpaet-Asma Dewi Datangi Sidang Ahmad Dhani

Yulida Medistiara - detikNews
Beri Dukungan, Ratna Sarumpaet-Asma Dewi Datangi Sidang Ahmad Dhani Aktivis Ratna Sarumpaet memberi dukungan untuk Ahmad Dhani, yang menjalani sidang perdana kasus hate speech. (Yulida/detikcom)
Jakarta - Asma Dewi dan aktivis Ratna Sarumpaet menghadiri sidang kasus ujaran kebencian dengan terdakwa Ahmad Dhani di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Keduanya mengaku hadir memberikan dukungan untuk Dhani.

"Saya memberikan dukungan. Ini merupakan bentuk protes saya karena ini nggak layak disidangkan. Karena ini nggak layak banget, apa yang melanggar hukum. Di samping saya mendukung Dhani ya menunjukkan saya keberatan dengan persidangan model gini ecek-ecek begini, dikarang-karang dan ini benar-benar merusak demokrasi," kata Ratna di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Senin (16/4/208).


Ratna menyebut kasus Dhani tidak adil. Menurutnya, unggahan Ahmad Dhani tidak menyinggung soal penista agama. Ratna menyebut kasus Dhani dikaitkan dengan politik.

"Kan yang dipermasalahkan pendukung penista agama layak diludahi (cuitan Ahmad Dhani). Nanti kalau pendukung bandar narkoba layak diludahi ditangkap nggak? Pasti nggak ditangkap, jadi penista agama itu kelasnya beda, padahal itu sangat prinsip," kata Ratna.

"Bagian dari kebebasan berpendapat. Apa yang salah sih dengan ucapannya itu. Ini kan dia cuma ngomong. Ini betul-betul sarat sama sentimen politik saja dan ingin memojokkan orang," imbuh Ratna.


Pantauan di lokasi, pukul 16.00 WIB, Ratna berpamitan ke Ahmad Dhani sebelum sidang dimulai. Ratna sempat cipika-cipiki dengan Dhani. Sementara itu, anak Dhani, Abdul Qodir Jaelani (Dul), sempat menyalami tangan sebelum Ratna pulang.

Asma Dewi hadir di sidang perdana Ahmad DhaniAsma Dewi hadir di sidang perdana Ahmad Dhani (Yulida/detikcom)

Ditemui terpisah, Asma Dewi terlihat juga hadir di persidangan Ahmad Dhani. Asma Dewi mengaku mendukung Ahmad Dhani karena sama-sama merasa terzalimi.

"Sesama rakyat, kita merasa itu merupakan aspirasi kita. Sebenarnya (kritik) justru kita cinta dengan bangsa dan negara," katanya.

"Menurut saya, karena sama-sama terzalimi jadi akhirnya kita harus kasih dukungan, harus kompak sebagai rakyat. Sama-sama rakyat yang cinta Tanah Air. Kalau satu orang ada masalah, kita harus saling dukung, saling kuatkan," ujar Asma Dewi.

Seperti diketahui, Ahmad Dhani akan menjalani sidang pembacaan dakwaan terkait kasus ujaran kebencian hari ini. Namun, hingga pukul 16.00 WIB, persidangan belum dimulai.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui jalannya sidang perdana Ahmad Dhani di sini:

[Gambas:Video 20detik]
(ams/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed