DetikNews
Senin 16 April 2018, 15:35 WIB

Rumah Pembuatan Miras Tradisional Digerebek, Pemilik Kabur

Andi Saputra - detikNews
Rumah Pembuatan Miras Tradisional Digerebek, Pemilik Kabur Rumah yang membuat miras tradisional diamankan petugas (dok.polsek)
Tanah Laut - Sebuah rumah yang menjadi pembuatan miras tradisional (tayuk) di Kalimantan Selatan (Kalsel) digerebek. Rumah itu berada jauh dari pemukiman penduduk.

"Setelah dilakukan pengembangan mengarah ke tempat rumah yang dijadikan tempat pembuatan tayuk tersebut. Kami mendatangi tempat rumah yang dijadikan pembuatan tayuk, namun sejak malam kemarin tidak ditemukan satu orang pun di rumah itu, baik pemiliknya maupun pekerjanya," kata Kapolsek Pelaihari AKP Shofiyah kepada detikcom, Senin (16/4/2018).

Rumah Pembuatan Miras Tradisional Digerebek, Pemilik Kabur

Penggerebekan itu dilakukan pada Minggu (15/04) siang. Lokasi rumah itu ada di Balirejo, Kelurahan Angsau, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah, Laut Kalimantan Selatan. Rumah tersebut jauh dari rumah penduduk lainnya yaitu berlokasi di dalam kebun yang cuma ada sebuah rumah milik Yunus (melarikan diri.

Di dalam rumah ditemukan tayuk siap edar di dalam drum plastik di dalam gudang penyimpanan.
Rumah Pembuatan Miras Tradisional Digerebek, Pemilik Kabur

"Selain tayuk, kita juga temukan bahan bahan lainya seperti gula merah di dalam peti kayu, gula putih ada juga ciu dalam kemasan botol air mineral dan di dalam 2 galon air mineral dan selain itu ditemukan juga seperti, ragi, tawas dan kapur," ujar Shofiyah.

Dari hasil penggerebekan, ditemukan 12 drum plastik berisikan tayuk. Barang-barang itu diangkut menggunakan truk polisi untuk diamankan di Polres Tanah Laut.
(asp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed