DetikNews
Senin 16 April 2018, 12:36 WIB

Bimanesh Bilang Novanto Harus Dirawat agar RS Tidak Dituntut

Faiq Hidayat - detikNews
Bimanesh Bilang Novanto Harus Dirawat agar RS Tidak Dituntut Dokter Bimanesh Sutarjo (berbatik) (Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Drama Novanto di RS
Jakarta -

Direktur RS Medika Permata Hijau Dr Hafil Budianto Abdulgani mengaku pernah meminta penjelasan tertulis dokter Bimanesh Sutarjo. Penjelasan ini terkait perawatan mantan Ketua DPR Setya Novanto.

Awalnya, para direktur rumah sakit bertemu untuk membahas peristiwa kecelakaan Setya Novanto, yang dirawat di RS Medika Permata Hijau. Pertemuan itu untuk menindaklanjuti laporan para perawat dan dokter.

"Bimanesh mengatakan merasa pasien tersebut Pak SN (Setya Novanto) pejabat sehingga harus dirawat. Khawatir RS dituntut kalau tidak dirawat," ujar Hafil dalam sidang lanjutan terdakwa Bimanesh Sutarjo di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (16/4/2018).



Hafil kemudian juga menerima laporan lain dari Bimanesh. Dalam laporan itu, Bimanesh menerima telepon dari Plt Pelayanan Medis RS dr Alia, Novanto akan dirawat di RS Medika Permata Hijau.

"Bahwa beliau Bimanesh mendapatkan telepon dokter Alia. Ada pasien akan masuk Pak Setya Novanto," ujar Hafil.

Selain itu, Hafil menerima laporan dari Bimanesh mengenai Kepala IGD RS Medika Permata Hijau dr Michael Chia Cahaya. Dalam laporan yang ditulis Bimanesh, Michael menolak pasien Setya Novanto.

"Dokter Michael tidak mau menerima pasien tersebut," tutur dia.

Hafil juga menerima saran dari Bimamesh. Rumah sakit diminta Bimanesh cepat tanggap menangani pejabat yang ingin dirawat.

"Beliau juga berikan saran. Rumah sakit lebih cepat tanggap kalau ada kasus pejabat, presiden, menteri masuk rumah sakit," jelas dia.

Bimanesh didakwa merintangi penyidikan KPK atas Setya Novanto dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Bimanesh diduga bekerja sama dengan mantan pengacara Novanto Fredrich Yunadi merekayasa sakitnya Novanto.

[Gambas:Video 20detik]




(fai/fdn)
FOKUS BERITA: Drama Novanto di RS
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed