1.000 Petugas Pemprov DKI Gempur Sampah di Teluk Jakarta

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 15 Apr 2018 09:25 WIB
Foto: 1.000 Petugas Pemprov DKI 'gempur' Teluk Jakarta. (Eva Safitri/detikcom).
Jakarta - Pemprov DKI 'menggempur'' sampah di pesisir Teluk Jakarta dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional. Sebanyak 1.000 petugas lingkungan gabungan dikerahkan dalam kegiatan ini.

Acara yang bertajuk Grebek Sampah Pesisir Teluk Jakarta digelar di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Marunda, Cilincing, Jakarta Utara pada Minggu (15/4/2018). Kegiatan dimulai pukul 08.40 WIB dan merupakan acara puncak dari hari peduli sampah nasional tingkat provinsi.

"Rangkaian hari peduli sampah nasional diaktualisasikan dalam rangka kerja sama dalam agenda tiga bulan bersih sampah yang dilaksanakan di seluruh Indonesia dari 21 Januari-21 April 2018," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji dalam sambutannya di lokasi.

1.000 Petugas Pemprov DKI Gempur Sampah di Teluk JakartaFoto: 1.000 Petugas Pemprov DKI 'gempur' Teluk Jakarta. (Eva Safitri/detikcom).

Kegiatan ini mengikutsertakan 1.000 personel dari jajaran Dinas Lingkungan Hidup dari DKI dan Pemkot serta TNI, Polri, komunitas. Selain itu juga perwakilan siswa sekolah di DKI Jakarta.

"Kami gerakan semua stakeholder jajaran dinas LH, jajaran pemkot wilayah, dan dukungan dari beberapa pihak di lokasi ini, TNI, Polri, Pramuka, Komunitas peduli sampah, memang setiap Minggu Pemprov ada kegiatan grebek sampah hari ini kebetulan dengan hari peduli sampah nasional," ujar Isnawa.

[Gambas:Video 20detik]


Pihaknya juga mengerahkan tiga alat berat di lokasi dan beberapa truk pengangkut sampah. "Kita kerahkan alat berat, truk sampah, ribuan katung kantong sampah, dan pembagian sarung tangan," tambah dia.

Kegiatan juga turut dihadiri oleh Direktur Pengelolan Sampah B3 Novrizal Tahar, Kasudin LIngkungan Hidup Kepulauan Seribu Yusen Herdiman, Walikota Jakarta Utara Husein Murad, Kapolsek Cilincing Kompol Ali Zusron, dan para pejabat Pemprov DKI Jakarta. (elz/elz)