DetikNews
Sabtu 14 April 2018, 17:58 WIB

Pimpinan DPR: Razia Miras Oplosan sampai ke Akar-akarnya!

Niken Widya Yunita - detikNews
Pimpinan DPR: Razia Miras Oplosan sampai ke Akar-akarnya! Miras oplosan (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan meminta aparat pemerintah untuk melakukan razia minuman keras (miras) oplosan hingga ke akar-akarnya. Razia itu diharapkan dilakukan secara berkala dan tidak menunggu jatuhnya korban.

"Kasus miras oplosan ini kembali ramai ketika ada korban tewas. Tentu kita berharap, tak ada lagi korban miras oplosan ini ke depannya. Untuk itu, kita minta agar razia miras ini dilakukan secara berkala dan berantas sampai ke akar-akarnya!" tegas Taufik, di Jakarta, Sabtu (14/4/2018).


Di sisi lain, Taufik menilai, sosialisasi akan bahaya miras oplosan ini juga perlu digalakkan, agar masyarakat sadar akan bahaya dari mengonsumsi miras oplosan. Selain dari Kepolisian yang berperan aktif memberantas peredaran miras oplosan itu, ia pun meminta peran aktif masyarakat.

"Ketika masyarakat melihat aktivitas mencurigakan terkait miras oplosan ini, kita harapkan segera melapor kepada aparat terkait. Ketika penjual miras oplosan tertangkap, hukum seberat-beratnya, sehingga menimbulkan efek jera, dan tak ada lagi yang menjual miras oplosan itu," tegas dia.


Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto, Jumat (13/4/2018) kemarin melaporkan, korban tewas akibat mengonsumsi minuman keras (miras) oplosan bertambah. Tercatat, 89 orang tewas akibat menenggak miras oplosan di dua wilayah, yakni di Jawa Barat dan Jakarta.

"Korban sampai hari ini di wilayah hukum Polda Jabar sebanyak 58 orang. Sementara di wilayah hukum Polda Metro Jaya sebanyak 31 orang. Total 89 orang," kata Setyo.


(nwy/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed