DetikNews
Sabtu 14 April 2018, 17:31 WIB

Tenda Warga yang Bertahan di Kampung Akuarium

Denita Matondang - detikNews
Tenda Warga yang Bertahan di Kampung Akuarium Tenda di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakut, Sabtu (14/4/2018) Foto: Denita Matondang-detikcom
Jakarta -

Dua tenda besar masih bertahan di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Tenda itu masih dihuni belasan kepala keluarga (KK).

"Ada 16 KK. Iya, warga sini. Kami sudah lama tinggal di sini," ujar warga, Upi Yunita yang tinggal di tenda di Kampung Akuarium, Sabtu (14/4/2018).

Di dalam tenda berwarna hijau, dibuat sekat-sekat pemisah dengan kayu. Tampak berbagai macam peralatan rumah tangga. Ada kompor, penanak nasi, kipas, dan kasur. Ada juga sejumlah pakaian yang tampak digantungkan di tenda.




Pada sisi belakang tenda, terdapat kamar mandi kecil tanpa WC. Kamar mandi di situ, berukuran 1x2 meter.

Upi menyebut 16 KK yang tinggal di tenda masuk dalam pendataan korban penggusuran. Tapi Upi mengaku tak tahu mengapa dirinya belum bisa tinggal di shelter.

"Kenapa tidak ada keadilan yang di tenda. Kami semua yang di sini sudah terdata kok, " ujarnya.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang datang ke Kampung Akuarium menyebut harus dilakukan pengecekan terkait warga yang tinggal dalam tenda, bukan shelter.






"Semuanya (warga) sudah ada (shelter). bantu dicek aja statusnya. Itu dicek aja apakah statusnya warga sini atau bukan dari rumah susun atau bukan. Bisa cek. Saya ikut persoalan ini sampai detail tiap progres. Termasuk saya sampaikan tadi ada dia ntara warga juga belum ketemu kesepakatan. diselesaikannya baik baik," kata Anies memberikan tanggapan soal masih ada warga yang tinggal di tenda.

Tenda di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakut, Sabtu (14/4/2018)Tenda di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakut, Sabtu (14/4/2018) Foto: Denita Matondang-detikcom

Sementara itu soal shelter yang dibangun untuk warga, Anies menyebut masih banyak yang harus dilengkapi. Selain itu Anies juga mengaku akan mempertimbangkan konsep rumah usulan warga. Warga sebelumnya memberikan maket hunian kepada Anies.

"Tadi warga sudah membuat. Warga membuat usulan ada pihak maketnya dibuat dua lantai. Nanti kami lihat mana yang paling sesuai bisa mengakomodasi semua kebutuhan yang ada di sini," ujarnya.


Tenda di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakut, Sabtu (14/4/2018)Tenda di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakut, Sabtu (14/4/2018) Foto: Denita Matondang-detikcom

(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed