DetikNews
Sabtu 14 April 2018, 16:42 WIB

Potong Rumput di KBT, Petugas Temukan Sanca 4 Meter

Jabbar Ramdhani - detikNews
Potong Rumput di KBT, Petugas Temukan Sanca 4 Meter Petugas UPK Badan Air temukan ular sanca sepanjang 4 meter di KBT kawasan Duren Sawit (Foto: Dok. UPK Badan Air)
Jakarta - Petugas UPK Badan Air menemukan ular sanca sepanjang 4 meter di tepi Kanal Banjir Timur (KBT) di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur. Ular itu ditemukan petugas saat sedang memotong rumput.

"Petugas lagi kerja babat rumput di pinggiran KBT. Waktu mau membersihkan itu ada ular. Ularnya lagi tidur, ngadem gitu. Jadi ular posisinya lagi diam. Langsung matanya ditutup pakai karung terus ditangkap," kata ketua regu petugas UPK Badan Air Duren Sawit, Asan, saat dihubungi, Sabtu (14/4/2018).

Ular ditemukan saat petugas tengah memotong rumputUlar ditemukan saat petugas tengah memotong rumput (Foto: Dok. UPK Badan Air)


Dia mengatakan petugas menangkap ular tersebut sekitar pukul 11.00 WIB tadi. Asan mengatakan diameter badan ular tersebut sebesar betis orang dewasa. Saat ini ular tersebut ada di pos petugas UPK Badan Air Duren Sawit.

Asan mengatakan pada Maret lalu, petugas juga menemukan ular sanca yang panjangnya hampir mencapai 5 meter. Dia mengatakan di kawasan KBT memang banyak jadi habitat ular.


Bulan sebelumnya, petugas juga menemukan ular sanca di lokasi yang tak jauhBulan sebelumnya, petugas juga menemukan ular sanca di lokasi yang tak jauh (Foto: Dok. UPK Badan Air)

Selain sanca, dia mengatakan juga ada ular kobra yang hidup di lokasi tersebut. Asan mengatakan petugas memukul rumput dengan kayu sebelum memangkas. Hal ini untuk mencegah tergigit ular.

"Bulan lalu di Rawadas juga ditangkap ular, panjangnya hampir 5 meter. Di sana memang banyak. Ada juga ular hitam, ular kobra. Itu yang paling gawat. Biasanya kita kotek-kotek dulu rumputnya pakai kayu. Biar kalau ada ular langsung pergi," ujarnya.
(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed