Peserta OK OCE Bakal Dapat Izin Buka Usaha di Rumah

Indra Komara - detikNews
Sabtu, 14 Apr 2018 15:03 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sndiaga Uno di gedung DPRD. (Indra-detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta sedang merancang Pergub yang mengatur tentang perizinan usaha di rumah. Pergub tersebut sedang digodok bersama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DKI.

"Kita memang kemarin dengan PTSP dengan Biro Perekonomian sudah merancang kemudahan-kemudahan untuk OK OCE," kata Irwandi di OK OCE Global Office di Jl Epicentrum, Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu (14/4/2018).

Irwandi mengatakan, Pergub dibuat sebagai penghargaan bagi yang mengikuti pelatihan OK OCE. Soal rumah yang diizinkan menjadi tempat usaha, luas maksimalnya disebut Irwandi, 400 meter.



"Karena di rumah kan sesuai dengan peruntukan sampai saat ini Perda 1 2014 belum ada perubahan. Luasan 400 meter itu diperkenankan melakukan kegiatan di rumah," paparnya.

Rancangan Pergub tersebut sampai saat ini masih digodok hanya untuk anggota OK OCE. Jumlah karyawannya juga nanti dibatasi yakni hanya diperbolehkan berjumlah 19 orang.

"Nah itu kan kita sekarang baru bicara yang khusus OK OCE. Semua kawasan termasuk. (Luas rumah) 60 minimum, maksimum 400 meter," jelas Irwandi.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiga Uno berkeinginan Pergub itu nantinya bisa digunakan secara umum.

"Dengan memperkenalkan OK OCE ini mereka bisa juga mendapatkan perizinan dan kalau suatu saat mereka sudah besar tidak perlu pelatihan pendampingan, ya Pergub ini tidak eksklusif untuk OK OCE," terang Sandi.

Aturan terkait perizinan usaha tercantum dalam Perda Nomor 1/2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi (RDTR dan PZ). Izin usaha hanya diberikan di lokasi yang diatur dalam zonasi dan berbeda dengan zonasi permukiman.



Sebelumnya, guna merealisasikan izin usaha di rumah, Sandi sempat berencana merevisi perda mengenai zonasi. Sandi ingin dengan revisi tersebut warga bisa membangun usaha dari rumah masing-masing.

"Kami ingin kemudahan bagi setiap pengusaha pemula, pengusaha kecil, usaha mikro yang memulai usahanya di rumah sendiri atau kami lihat sebagai contoh yang showcase sama seperti yang terjadi di Silicon Valley atau yang seperti Microsoft, Apple, yang dimulai di garasi," kata Sandiaga, Senin (12/2). (idn/fdn)