DetikNews
Jumat 13 April 2018, 18:23 WIB

Pilgub Lampung 2018

Strategi Cagub Arinal Tingkatkan Hasil Pertanian Lada di Lampung

Moch Prima Fauzi - detikNews
Strategi Cagub Arinal Tingkatkan Hasil Pertanian Lada di Lampung Foto: Dok Timses Arinal-Chusnunia
Jakarta - Calon Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan kampanye di Desa Adirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur. Ia mendengarkan keluhan warga seputar kesejahteraan petani dan keamanan di Lampung.

Untuk pertanian, Arinal mengungkap telah meresmikan Kartu Petani Berjaya. Melalui program tersebut, ia dan pasangan Calon Wakil Gubernur Chusnunia (Nunik) akan memberikan bantuan sebesar Rp 20 juta kepada kelompok tani. Ia juga berjanji bakal meningkatkan produksi lada.

"Tanggal 16 yang lalu di Raman Utara saya sudah meresmikan Kartu Petani Berjaya. Di sini ada padi jagung, singkong, lada, sawit, dan karet. Lada itu hanya ada di Lampung dan Bangka Belitung. Lampung terkenal dengan tanaman ladanya, tetapi kenyataannya lada sudah mulai tidak ada di Lampung," ujar Arinal dalam keterangan tertulis, Jumat (13/4/2018).


Arinal juga menyebut telah bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor. Jika terpilih, ia berjanji bakal meningkatkan hasil pertanian lada karena menjadi tradisi rakyat Lampung.

Menurutnya Lampung dikenal sebagai penghasil pangan, namun masih banyak warganya yang belum sejahtera. "Itu aneh buat saya. Maka dari itu mari kita bangkit sehingga Lampung terpandang di Indonesia. Lampung lebih berjaya," ujarnya.

Sedangkan soal keamanan, ia mengatakan bakal bekerja sama dengan aparat keamanan dan pemangku kepentingan lainnya seperti tokoh agama dan adat untuk menjaga ketertiban dan keamanan.

"Saya akan bekerjasama dengan para aparat keamanan, para tokoh agama, dan tokoh adat. Bukan hanya mengutamakan pendidikan agama untuk pemuda, tapi kita juga akan bangun ekonomi kreatifnya. Kita bangun sarana olah raga agar para pemuda banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang positif," jelasnya.


Sebelumnya salah seorang warga bernama Uswatun Hasanah (28), asal Desa Adirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur, curhat kepadanya soal harga pertanian yang murah. Selain itu ia juga mengaku sulit mendapatkan pupuk dan meminta pemerintah memberantas begal dan narkoba.

"(Hasil tani) jangan turun jadi murah. Narkoba harus diberantas dibersihkan sebersih-bersihnya, terutama di Lampung Timur. Begal diberantas supaya aman di Lampung, " ucapnya.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed