DetikNews
Jumat 13 April 2018, 12:34 WIB

Pilgub Lampung 2018

Jurus Cagub Lampung Ajak Warga Keluar dari Kemiskinan

Niken Widya Yunita - detikNews
Jurus Cagub Lampung Ajak Warga Keluar dari Kemiskinan Foto: Cagub Lampung Arinal Djunaidi (Dok. Timses Arinal-Chusnunia)
Lampung Selatan - Calon Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak warganya untuk berani keluar dari kemiskinan. Arinal mempunyai beberapa jurus untuk hal tersebut.

"Kita harus punya keberanian dan tekad, harus keluar dari kemiskinan," ujar Arinal dalam kampanye terbuka terbatas di Desa Jati Indah, Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Jumat (13/4/2018).



Menurut Arinal, Lampung merupakan nomor 7 penghasil padi dan nomor 3 penghasil jagung. Provinsi lain mengambil padi dan jagung dari Lampung.

"Namun mengapa petani di Lampung masih banyak yang kesulitan. Itulah yang mendorong saya membuat Kartu Petani Berjaya," katanya.

Arinal menyebutkan, di Lampung Timur sudah ada Kartu Petani Berjaya. Hal ini untuk memberikan kepastian agar petani tidak kesulitan mencari benih yang baik.

"Bagaimana caranya agar setiap petani mau tanam benih sudah ada dan berkualitas. Kemudian pupuk tersedia ketika ingin digunakan dan menyiapkan obat-obatan pertanian," ungkapnya.

Salah satu syarat agar petani keluar dari kemiskinan, lanjut Arinal, petani harus memiliki lahan. Namun infrastruktur tetap akan diperhatikan agar efisiensi produksi pertanian berjalan.


Menurutnya, semua orang menyatakan jalan di Lampung buruk. Karena itu pihaknya jika terpilih akan memperbaiki jalan di Lampung.

"Jadi kita akan perbaiki, nggak ada gunanya kalau produksi pertanian meningkat tapi jalan rusak, jadi harus benar-benar kita perbaiki. Nggak ada lagi yang namanya jalan yang enam bulan baru dibangun sudah rusak," terangnya.

Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung ini menuturkan penyuluh juga akan dibekali kemampuan lebih dengan memberikan pelatihan.

"Kita akan tingkatkan disiplin para penyuluh. Saya mempersiapkan agar produksinya meningkat, harganya juga menguntungkan, yaitu dengan garansi harga jual yang menguntungkan petani, kemudian memberikan kredit usaha tani Rp20 juta, bisa di gunakan untuk usaha ternak, seperti ternak ayam, bebek, dan sapi. Sehingga penghasilan bapak-ibu bertambah dan bisa menabung. Kemudian akan ada beasiswa untuk anak petani yang melanjutkan kuliah di fakultas Pertanian," bebernya.

Cagub yang berpasangan dengan Chusnunia ini juga menjelaskan adanya pengembangan upaya pemberdayaan anak dan ibu-ibu. Salah satunya dengan meningkatkan pengajian, mengadakan pengajian akbar, dan curhat akbar.

"Saya ingin juga ibu-ibu punya kelompok. Nanti akan ada tim untuk melihat dan mencari potensi seperti apa yang ada di masyarakat agar ekonomi kreatif dan UMKM bisa berkembang," paparnya.

Arinal juga menambahkan akan memperbaiki kualitas pendidikan. Salah satunya dengan memberikan insentif untuk guru-guru ngaji.

"Agama adalah pemersatu, nanti akan kita perhatikan para pendidik-pendidiknya. Saya mengedepankan kebenaran dan pertolongan-pertolongan, rakyat itu membutuhkan pertolongan. Insya Allah Lampung akan terpandang di provinsi lainnya," kata mantan Asisten II Pemerintah Provinsi Lampung ini.

Sementara warga Jati Indah, Musinah berharap bila Arinal dan Chusnunia terpilih harga sembako dapat turun.

"Kita merasa kesulitan apa-apa mahal, sembako pada mahal. Apalagi orang nggak punya. namanya juga cuma buruh jadi merasa sulit. Harapannya harga sembako diturunkan, disesuaikan dengan penghasilan para buruh," ucapnya.
(nwy/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed