DetikNews
Kamis 12 April 2018, 18:18 WIB

PKS Minta Jatah Cawapres Prabowo, PAN: Politik Itu Jangan Maksa

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
PKS Minta Jatah Cawapres Prabowo, PAN: Politik Itu Jangan Maksa Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Foto: Dok MPR)
FOKUS BERITA: Prabowo Siap Nyapres
Jakarta - PKS menyorongkan 9 nama cawapres sebagai syarat untuk berkoalisi dengan Gerindra. Menanggapi hal itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, dalam berpolitik, tidak ada pemaksaan.

"Kita menghormati orang saling menghargai, dalam politik itu saya kira nggak ada maksa-maksa gitu. Kawin aja nggak boleh paksa, apalagi koalisi ya," kata Zulkifli di PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Kamis (12/4/2018).


Menurut Zulkifli, dalam berkoalisi haruslah didasari politik kebangsaan. Pihaknya pun tidak akan memberikan syarat untuk berkoalisi.

"Yang paling penting tadi, yang berkualitas deh. Jangan seperti lawan Belanda gitu, ya kan tidak bagus. Kita ini semua sahabat. Satu keluarga, satu bahasa," kata Zulkifli.


Sebelumnya, PKS mengaku telah menyorongkan sembilan nama cawapres dari kader internalnya ke Partai Gerindra sebagai syarat koalisi. Sembilan nama tersebut merupakan nama-nama yang diajukan melalui Majelis Syuro.

PKS pun menyimpan asa bahwa 1 dari 9 nama yang mereka patok tersebut bisa maju sebagai cawapres pendamping Prabowo. Namun Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan PKS selalu mengedepankan kepentingan bangsa.

"PKS insyaallah akan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Walaupun kader tentu tetap berharap ada kader dalam daftar nama capres dan cawapres 2019," kata Mardani kepada wartawan, Selasa (27/3).
(dkp/dkp)
FOKUS BERITA: Prabowo Siap Nyapres
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed