DetikNews
Kamis 12 April 2018, 18:14 WIB

Piton 7 Meter Ular Terbesar yang Pernah Ditangkap Damkar Jakpus

Dwi Andayani - detikNews
Piton 7 Meter Ular Terbesar yang Pernah Ditangkap Damkar Jakpus Piton sepanjang 7 meter yang ditangkap petugas Damkar Jakarta Pusat. Foto: Dwi Andayani/detikcom
Jakarta - Seekor ular piton sepanjang 7 meter ditangkap oleh petugas pemadam kebakaran bersama dengan petugas PPSU dan Babinsa. Rupanya ular ini terbesar yang pernah ditangkap Sudin Damkar Jakarta Pusat.

"Ini ular yang paling gede yang pernah ditangkap, (beratnya) 80 kilogram," kata Kepala Regu Pos Pemadam Kebakaran Menteng, Firmansyah, saat ditemui di markasnya, Kamis (12/4/2018).



Ular ini ditangkap berdasarkan hasil laporan warga. Saat ditangkap ular tengah berada di dalam got depan Rusun Kebon Kacang, penangkapan dibantu oleh petugas PPSU dan anggota Babinsa setempat.

Biasanya Firman dan kawan-kawan hanya menangkap ular dengan berat sekitar 5 kilogram saja. Firman bahkan memelihara hampir 200 ekor ular di rumahnya.

Komandan Pleton C Pos Damkar Menteng, Sarmin, menambahkan bahwa selama ini pihaknya memang tak mencatat berapa ular yang pernah ditangkap. Tapi setidaknya sejak awal 2017, ada sekitar 3 kali penangkapan ular di wilayah Jakarta Pusat.



"Engga ada (alat khusus untuk tangkap ular), kalau alat pakai kayu atau galah saja buat nangkep. Cuma memang harus ada keahlian khusus, harus yang ngerti," tutur Sarmin.

Selain ular, petugas pemadam kebakaran juga sering menangkap atau mengevakuasi hewan lainnya. Biasanya tergantung pada laporan masyarakat.

"Sarang tawon sering, yang sering sarang tawon terakhir di Kecamatan Menteng, Taman Panarukan. (Evakuasi) kucing di Kebon Sirih, kucing terakhir di Latuharhari," ujar Sarmin.



Petugas pemadam kebakaran sekarang ini memang tak hanya bisa memadamkan api saja. Mereka juga harus berbekal kemampuan menjinakkan binatang.

"Iya, jadi ada bagiannya tersendiri, bagian tawon, ular. Jadi pemadam nggak cuma untuk pemadam doang sekarang, nggak cuma buat memadamkan api doang," tutur Sarmin.





(bag/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed