DetikNews
Kamis 12 April 2018, 17:16 WIB

Begini Cara Petugas Damkar Jinakkan Piton 7 Meter

Dwi Andayani - detikNews
Begini Cara Petugas Damkar Jinakkan Piton 7 Meter Ular itu sesekali dipukul-pukul badannya. Foto: Dwi Andayani/detikcom
Jakarta - Petugas Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat menangkap ular piton sepanjang 7 meter di Rusun Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ular tersebut diamankan dan dibawa ke Pos Pemadam Kebakaran Menteng.

Saat didatangi detikcom, di Pos Pemadam Kebakaran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/4/2018) ular tersebut telah dimasukkan ke karung. Ular piton 7 meter tersebut ditangkap oleh Kepala Regu Pos Pemadam Kebakaran Menteng, Firmansyah.



Firmansyah dan rekan-rekannya kemudian mengeluarkan piton panjang itu dari karung. Mulut ular terlihat telah diikat, agar tidak menggigit petugas yang menangkap.

Meski mulut ular telah diikat namun ular itu masih tampak agresif. Saat dilepaskan, kepala ular tampak sesekali mengangkat dengan sedikit meloncatkan badanya untuk menyerang.

Saat kain hitam didekatkan ke kepala ular, ular terlihat semakin agresif bergerak. Firman kemudian menangkap ular itu dengan memegang kepalanya. Sesekali dia memukul-mukul badan ular tersebut.

[Gambas:Video 20detik]


Tak berhenti di situ, setelah ditangkap badan ular tampak berontak dan melilit tangan Firman. Namun ular tersebut berhasil diluruskan dengan bantuan anggota damkar lainnya.

Dibantu teman-temannya, Firman memasukkan ular ke dalam karung. Bagian ekor ular dimasukkan terlebih dahulu. Setelah ular dimasukkan, karung kembali diikat dengan tali rafia.

Ular ini ditangkap berdasarkan hasil laporan warga. Saat ditangkap ular tengah berada di dalam got depan Rusun Kebon Kacang, penangkapan dibantu oleh petugas PPSU dan anggota Babinsa setempat.


(bag/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed