DetikNews
Kamis 12 April 2018, 16:23 WIB

Tonton Blak-blakan Zulkifli Hasan, Koalisi Selain Jokowi

Erwin Dariyanto - detikNews
Tonton Blak-blakan Zulkifli Hasan, Koalisi Selain Jokowi Foto: Rachman Haryanto/detikcom
Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto kemungkinan besar akan kembali adu tanding dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Dari sigi sejumlah lembaga survei, hanya mereka berdua yang elektabilitasnya di atas dua digit, dengan Jokowi memimpin.

Partai politik pun telah menggerombol untuk membentuk koalisi. Ada delapan partai yang menyatakan dukungan untuk Jokowi, yakni NasDem, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Golkar, PPP, Hanura, Perindo, PKPI, dan PDIP. Prabowo baru mendapat dukungan dari Gerindra.

Partai lainnya, yakni PKS, Partai Demokrat, PKB, dan PAN, belum menentukan pilihan. PKS ada kemungkinan akan berkoalisi dengan Gerindra untuk mengusung Prabowo. PKB selama ini menjadi pendukung pemerintahan Jokowi-JK. Ada kemungkinan PKB juga merapat ke Jokowi.

Tersisa PAN dan Partai Demokrat. Namun gabungan PAN dan Demokrat tak cukup untuk mengusung calon presiden sendiri. Meski demikian, Ketum PAN Zulkifli Hasan yakin bisa membentuk poros ketiga alias koalisi selain Jokowi.

Zulkifli menyebut poros yang dia bentuk sebagai 'Koalisi Nasional'.

"Saya gagas Koalisi Nasional. Koalisi yang berkualitas mengembalikan kedaulatan, koalisi yang mengutamakan Merah-Putih, koalisi yang adu konsep, adu gagasan," kata Zulkifli.

Seberapa yakin Zulkifli Hasan akan terbentuknya 'Koalisi Selain Jokowi'?

Tonton Blak-blakan Zulkifli Hasan, 'Koalisi Selain Jokowi', di sini:


(erd/jat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed