DetikNews
Kamis 12 April 2018, 13:50 WIB

Sejak Kemarin Malam, Bupati Bandung Barat Masih Diperiksa KPK

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Sejak Kemarin Malam, Bupati Bandung Barat Masih Diperiksa KPK Bupati Bandung Barat Abu Bakar ketika tiba di KPK Rabu, 11 April kemarin malam (Foto: Haris Fadhil/detikcom)
Jakarta - Bupati Bandung Barat Abu Bakar masih diperiksa KPK hingga siang ini. Menurut KPK, Abu dalam kondisi sehat.

"Pemeriksaan terhadap ABB (Abu Bakar), Bupati Bandung Barat masih berlangsung sampai siang ini. Informasi dari penyidik, yang bersangkutan dapat merespon pertanyaan dengan baik dan dalam keadaan sehat," ungkap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (12/4/2018).


Abu Bakar sebelumnya tiba di KPK pada Rabu (11/4) kemarin pukul 22.40 WIB. Status Abu Bakar merupakan tersangka, tapi belum ditahan.

"KPK menyampaikan hak-hak tersangka dan juga mengklarifikasi beberapa informasi awal terkait dugaan pertemuan, permintaan, dan penerimaan uang dari sejumlah dinas," kata Febri.


Abu Bakar diduga menerima suap untuk keperluan kampanye istrinya, Elin Suharliah, yang mengikuti pilkada Bandung Barat. Total uang yang disita KPK saat operasi tangkap tangan (OTT) yaitu Rp 435 juta.

Abu Bakar diduga meminta uang itu kepada sejumlah kepala dinas di wilayahnya. Permintaan itu terus dilakukan dalam kurun waktu Januari hingga April 2018.

Selain Abu Bakar, KPK menetapkan tiga tersangka lain, yaitu Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Bandung Barat Asep Hikayat sebagai pemberi suap serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung Barat Weti Lembanawati dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bandung Barat Adiyoto, sebagai penerima suap.
(nif/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed