DetikNews
Kamis 12 April 2018, 12:46 WIB

Dipanggil Bareskrim, Facebook Minta Waktu Kumpulkan Data

Zunita Amalia Oktavia - detikNews
Dipanggil Bareskrim, Facebook Minta Waktu Kumpulkan Data Foto: Ilustrasi Facebook. (Irna Prihandini-detikcom)
Jakarta - Bareskrim Polri memanggil Facebook Indonesia terkait kebocoran data pengguna minggu ini. Namun, pihak Facebook minta waktu untuk mengumpulkan data.

"Facebook sudah dihubungi, kemudian beliau sudah menghubungi Pak Direktur Cyber dan meminta waktu untuk mengumpulkan data-data terlebih dahulu," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, kepada wartawan di kantornya, Jl. Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/4/2018).


Setyo mengatakan pihak facebook baru memenuhi panggilan Bareskrim minggu depan. "Kemungkinan minggu depan pihak Facebook baru bisa datang ke Bareskrim Direktorat Cyber," imbuh dia.

Diketahui, Facebook mengalami kebocoran data hingga 87 juta pengguna. Di Indonesia sendiri, ada kebocoran data pengguna yang mencapai 1.096.666.

Indonesia adalah urutan ketiga terbesar data pengguna yang mengalami kebocoran, setelah Amerika Serikat dan Filipina. Data m-dara tersebut diketahui dibocorkan ke Cambridge Analytica.


Sebelumnya, Menkominfo Rudiantara juga telah bertemu dengan perwakilan Facebook Indonesia Ruben Hattari di Gedung Kominfo, Jakarta, Kamis (5/4) kemarin. Facebook diminta melakukan terhadap dirinya sendiri untuk mengetahui seluk beluk skandal canggih ini.

"Kemarin, kepada Facebook kami meminta, (a) rincian dari data pengguna Facebook di Indonesia, terutama dari klasifikasi penggunaan data oleh Cambridge Analytica. (b) Hasil dari rencana audit oleh Facebook atas aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang menggunakan Facebook," kata Rudiantara kepada detikcom, Jumat (6/4).


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed