DetikNews
Kamis 12 April 2018, 12:06 WIB

Aa Gym: Relasi Antaragama Baik, Ketimpangan Sosial Mengkhawatirkan

Erwin Dariyanto - detikNews
Aa Gym: Relasi Antaragama Baik, Ketimpangan Sosial Mengkhawatirkan Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Pimpinan Pondok Pesantren Da'arut Tauhiid, Bandung KH Abdullah Gymnastiar bicara soal hubungan antar pemeluk agama di Indonesia khususnya menjelang Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019. Aa Gym, -begitu ulama ini biasa disapa-, melihat hubungan antar pemeluk agama di Indonesia saat ini sangat baik.

"Saya tak melihat sesuatu yang ditakutkan orang, damai hubungan antar agama baik," kata Aa Gym saat sesi wawancara khusus dengan detikcom, Minggu (8/4/2018).



Justru yang saat ini mengkhawatirkan adalah ketimpangan sosial yang tak bisa ditutup-tutupi. Misalnya data soal kekayaan alam bangsa ini yang sebagian besar hanya dimiliki segelintir orang. Semakin masyarakat tahu soal data ketimpangan melalui media sosial, kata Aa Gym, ini akan menjadi bumerang dan ancaman buat negeri ini.

"Orang makin lama bisa merasa ada yang tidak adil di negeri ini. Makanya harus ada langkah pemerintah untuk mengatasi ketimpangan sosial," kata Aa Gym.

Kepada segelintir orang yang menguasai besar-besaran sumber daya alam Indonesia, Aa Gym mengingatkan mereka untuk sadar diri dan legowo. Apabila terlalu serakah, hidup mereka pun dipastikan tak akan aman.



Aa Gym mengaku tak sedang mengutip soal data ketimpangan yang sempat disebutkan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yakni 74 persen lahan di negeri ini hanya dimiliki kelompok tertentu. Data yang dikemukakan oleh Amien ini kemudian mendapat respons dari berbagai pihak. Termasuk dari Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

"Bukan hanya data itu. Ini kalau (data ketimpangan) terbuka ke masyarakat mendidih sendiri," kata Aa Gym.

Sehingga, lanjut dia, perlu kerjasama semua pihak termasuk ulama dan umara untuk memikirkan dan menyelesaikan masalah bangsa ini.
(erd/jat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed