Muncul Gerakan 10 Juta Like Mandat Rakyat untuk Gatot Nurmantyo

Elza Astari Retaduari - detikNews
Kamis, 12 Apr 2018 11:57 WIB
Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. (Puspen TNI)
Jakarta - Dukungan bagi Gatot Nurmantyo terus muncul. Bukan hanya bentuk deklarasi, tapi juga ada gerakan di lini dunia maya.

Seperti 'Gerakan 10 Juta Like Mandat Rakyat untuk Gatot Nurmantyo' yang muncul di Facebook. Page di Facebook ini baru saja dibuat pada Kamis (12/4/2018).


"Sebuah gerakan untuk memberi dukungan kepada Gatot Nurmantyo sebanyak 10 Juta Like Mandat Rakyat untuk Gatot Nurmantyo #10JutaLikeMandatRakyatUntukGN," demikian deskripsi soal gerakan ini.

Mereka juga memperkenalkan diri dengan tagline @MandatRakyatUntukGN. Belum banyak posting-an pada halaman 'Gerakan 10 Juta Like Mandat Rakyat Untuk Gatot Nurmantyo'.

Muncul Gerakan 10 Juta Like Mandat Rakyat untuk Gatot NurmantyoFoto: Screenshot Page FB Gerakan 10 Juta Like Mandat Rakyat Untuk Gatot Nurmantyo

Terdapat video dan foto-foto yang memperlihatkan spanduk-spanduk dukungan kepada Gatot di jalan. Mayoritas foto spanduk itu berlokasi di Jakarta.

Dilihat pada pukul 11.24 WIB, gerakan ini baru mendapat like sebanyak 1.201. Page ini diikuti 1.209 akun Facebook.


Belum diketahui siapa admin di balik gerakan tersebut. Namun sudah ada beberapa respons dari beberapa pengguna Facebook yang memberikan dukungan terhadap gerakan untuk jenderal purnawirawan bintang empat itu.

Seperti diketahui, setidaknya sudah ada dua kelompok relawan yang tekah mendeklarasikan dukungan kepada Gatot. Keduanya adalah Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GNR) dan Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN).

Bahkan RSPN mulai melakukan komunikasi-komunikasi politik. Mereka bersilaturahmi ke parpol-parpol, seperti ke Partai Bulan Bintang (PBB). RSPN berniat mencari tiket bagi Gatot maju di Pilpres 2019.

Muncul Gerakan 10 Juta Like Mandat Rakyat untuk Gatot NurmantyoFoto: Screenshot Page FB Gerakan 10 Juta Like Mandat Rakyat Untuk Gatot Nurmantyo

"Salah satu agenda kami menjalin silaturahmi kepada partai-partai yang ada di Indonesia ini. Bukan cuma Partai Bulan Bintang. Banyak partai sudah kita kirim surat untuk meminta audiensi," kata Sekjen RSPN Sumiarsi di kantor DPP PBB, Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (9/4).

Hingga saat ini, Gatot memang belum mendapat dukungan resmi dari parpol. Padahal syarat untuk maju di Pilpres 2019 adalah mendapat dukungan dari partai atau gabungan partai yang memiliki suara sah Pemilu 2014 minimal 25% atau kepemilikan kursi di DPR 20%.

Gatot baru saja pensiun dari TNI. Eks Panglima TNI itu belum memiliki kendaraan maju untuk menjadi capres. (elz/tor)