DetikNews
Kamis 12 April 2018, 06:57 WIB

Cawapres Prabowo: Gatot, Anies atau Siapa?

Andhika Prasetia - detikNews
Cawapres Prabowo: Gatot, Anies atau Siapa? Ketum Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Agung Pambudhy)
FOKUS BERITA: Prabowo Siap Nyapres
Jakarta - Setelah dideklarasikan sebagai capres, Ketum Gerindra Prabowo Subianto diberikan mandat oleh parpolnya memilih cawapres. Sejumlah nama seperti Gatot Nurmantyo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk bursa cawapres Prabowo.

Dalam rapat koordinasi nasional Gerindra yang digelar di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (11/4/2018), seluruh kader Gerindra solid mencapreskan Prabowo. Prabowo siap menjalankan mandat dari parpol.


"Dengan segala tenaga saya, dengan segala jiwa dan raga saya, seandainya Partai Gerindra memerintahkan saya untuk maju dalam pemilihan presiden yang akan datang, saya siap melaksanakan tugas tersebut," ujar Prabowo dalam pidatonya.

Prabowo pun diberi mandat memilih cawapresnya. Teka-teki cawapres Prabowo bermunculan. Waketum Gerindra Ferry Juliantono mengatakan, Anies dan Gatot dipertimbangkan jadi cawapres Prabowo.


"Yang dari parpol ada nama Pak Sohibul Iman plus beberapa nama yang sudah ditetapkan secara internal oleh PKS. Atau kemudian PAN ada nama Pak Zulkifli dan kemudian nama-nama di luar partai ada nama Pak Gatot dan Pak Anies yang tadi juga hadir," kata Ferry.


Nama-nama lainnya dari kalangan parpol juga dipertimbangkan seperti Ketum PAN Zulkifli Hasan dan 9 kandidat capres/cawapres dari PKS. Terutama PKS yang merupakan 'koalisi permamen' Gerindra yang siap menyorongkan nama cawapres.


"Kami juga yakin kader PKS siap berkontribusi. Ustaz Anis Matta, Ustaz Sohibul Iman, ataupun Kang Aher, semua layak," ujar Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.

Partai Bulan Bintang (PBB) juga tak mau ketinggalan. PBB menyorongkan nama Yusril Ihza Mahendra.


"Kami siap memaparkan dukungan riil dari para ulama dan pondok se-Jawa jika Yusril dipilih jadi bakal wapresnya," terang Ketua Pemenangan Presiden PBB Sukmo Harsono.

Prabowo masih memiliki waktu untuk mencari nama cawapresnya. Yang jelas, pekerjaan utama yang harus diselesaikan Prabowo adalah membentuk koalisi untuk memastikan tiket Pilpres.

Lantas, siapakah cawapres pilihan Prabowo? Gatot, Anies, atau lainnya?
(dkp/elz)
FOKUS BERITA: Prabowo Siap Nyapres
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed