detikNews
Rabu 11 April 2018, 17:03 WIB

Ini Perkiraan Luas Pantai Balikpapan yang Tekontaminasi Minyak

Danu Damarjati - detikNews
Ini Perkiraan Luas Pantai Balikpapan yang Tekontaminasi Minyak Tumpahan minyak di Teluk Balikpapan Foto: Imeida Tandrin/via REUTERS
Jakarta - Penanggulangan tumpahan minyak di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, akibat putusnya pipa Pertamina hingga kini masih dilakukan. Luas pantai yang tercemar diperkirakan hampir 30 ribu m2.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyampaikan laporan harian hasil evaluasi penanggulangan tumpahan minyak kepada detikcom, Rabu (11/4/2018).

Siti menjelaskan, pada Selasa (10/4) kemarin telah dilakukan pre deliniasi (penggambaran hal penting dengan garis dan lambang) dampak tumpahan minyak. Dia pun memaparkan hasilnya sebagai berikut:


1. Lokasi survei lapangan di sepanjang pantai di Teluk Balikpapan dari Pantai Lamuru sampai dengan Pantai Banua Patra 12.600 meter (12,6 Km).

2. Perkiraan luas pantai terkontaminasi limbah B3 minyak bumi: 29.733,8 m2

3. Perkiraan volume tanah terkontaminasi limbah B3 minyak bumi: 12.145,4 m3

Siti menyebut, seluruh lokasi tersebut akan dilakukan pengambilan sampel hari ini. Pengambilan sampel dilakukan untuk mengetahui besarnya kontaminasi yang mencemari lokasi-lokasi tersebut.


"Lokasi-lokasi tersebut perlu dilakukan kajian detail untuk penyusunan rencana pemulihan," ujarnya.

Sementara itu tim juga akan melakukan deliniasi hari ini untuk lokasi bagian barat Teluk Balikpapan yang terdampak, yakni mulai daerah Melawai (depan Kantor P3EK) sampai dengan Pulau Balang (Kawasan Industri Kariangaw).
(hri/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed