DetikNews
Rabu 11 April 2018, 14:52 WIB

Cerita Wali Kelas Saat Tahu Alpin Naik KRL Parungpanjang-Tn Abang

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Cerita Wali Kelas Saat Tahu Alpin Naik KRL Parungpanjang-Tn Abang Alpin, bocah yang viral naik KRL Parungpanjang-Tanah Abang (Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Kisah Alfiansyah (Alpin) yang naik KRL dan jalan kaki dari Parungpanjang, Bogor ke Tanah Abang, Jakarta Pusat mencuri perhatian. Ada cerita saat wali kelas Alpin pertama kali tahu bocah kelas 2 SD ini menempuh perjalanan jauh ke sekolah.

Guru SDN Kebon Kacang 02 Petang sekaligus wali kelas Alpin di kelas 2E, Beria Manalu mengatakan awalnya Alpin tinggal di dekat sekolah. Dia tahu Alpin pindah ke Parungpanjang saat bocah itu datang terlambat.



"Dia pernah telat setengah jam dan saya tanya 'eh pin ini jam berapa nak? Jam 1, kok telat?' dan dia jawab 'keretanya begitu bu'. Nah makanya saya tanya sekarang rumahnya di mana, katanya di Parungpanjang. Di situ saya tahu," kata Beria kepada detikcom di SDN Kebon Kacang 02 Petang, Jakarta Pusat, Rabu (11/4/2018).

"Itu juga saya tanya sebelum viral," sambungnya.

Guru Alpin / Guru Alpin / Foto: Samsdhuha Wildansyah/detikcom


Beria mengatakan Alpin terkadang telat masuk sekolah, ada pula kalanya datang lebih cepat dari siswa yang lain. Alpin bukan siswa yang menonjol dalam hal akademik, namun dia adalah siswa yang mudah bergaul.

"Dekat (dekat dengan guru-guru). Kalau dia sering nanya pelajaran ke guru. Dia itu nggak pendiam di kelas. Dia juga engga terlalu aktif di kelas," ujar Beria.



Selain itu, Alex Hermawan, guru Alpin yang lain, mengatakan Alpin adalah sosok anak yang kuat. Pada Senin (9/4) lalu, Alex sempat berkunjung ke rumah Alpin yang berada di Parungpanjang bersama siswa itu dan Alpin tidak terlihat lelah saat naik kereta bersama gurunya itu.

"Kalau saya lihat beberapa kali di sekolah, dia pribadi yang kuat. Di jalan pun waktu kemarin sama saya nggak keliatan capek waktu dia sama saya kerumahnya," kata Alex.




(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed