DetikNews
Rabu 11 April 2018, 10:07 WIB

RI-Somalia Sepakat Kerja Sama di Bidang Infrastruktur

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
RI-Somalia Sepakat Kerja Sama di Bidang Infrastruktur Menlu RI Retno LP Marsudi dan Wamenlu Somalia Mukthtar Mahat Da'ud Foto: Muhammad Fida/detikcom
Badung - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Luar Negeri Somalia Mukthtar Mahat Da'ud. Retno mengatakan Indonesia akan bekerja sama dengan Somalia di bidang infrastruktur.

"Sebagai negara yang baru lepas dari konflik, banyak sekali hal yang harus ditata. Oleh karena itu infrastruktur adalah salah satu yang prioritas yang dilakukan, termasuk jalan dan pembangunan pelabuhan. Saat ini kita sedang ada satu proses untuk pembangunan pelabuhan," kata Retno di Bali Nusa Dua Convention Center, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (11/4/2018).


Retno menuturkan selain infrastruktur, Somalia juga membutuhkan bantuan di bidang pertanian dan politik. Indonesia, menurut Retno, bersedia membantu Somalia untuk dua bidang tersebut.

Menlu RI Retno LP Marsudi dan Wamenlu Somalia Mukthtar Mahat Da'ud melakukan pertemuan bilateralMenlu RI Retno LP Marsudi dan Wamenlu Somalia Mukthtar Mahat Da'ud melakukan pertemuan bilateral Foto: Muhammad Fida/detikcom

"Indonesia akan memberikaan cooperation untuk diplomatic training dan juga untuk bidang agriculture," jelasnya.


Retno mengatakan akan segera berkomunikasi dengan para investor dalam negeri untuk bekerja sama dengan Somalia. Menurutnya, Afrika merupakan pasar yang menjanjikan bagi Indonesia.

"Kita tadi sepakat, untuk terus mendorong agar private sector dari masing-masing negara dapat didorong untuk berkomunikasi dan engage solusinya," jelasnya.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi memberi keterangan kepada wartawanMenteri Luar Negeri Retno LP Marsudi memberi keterangan kepada wartawan Foto: Muhammad Fida/detikcom

Retno juga mengapresiasi Somalia yang memberikan dukungan agar Indonesia dapat duduk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020.

"Somalia menyampaikan dukungan yang sangat kuat terhadap pencalonan Indonesia untuk Dewan Keamanan PBB yang pemilihannya akan dilakukan pada 8 Juni 2018," paparnya.
(fdu/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed