Ini Penyebab Mampang Lancar, Matraman Macet Saat Uji Coba

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Rabu, 11 Apr 2018 08:38 WIB
Foto: Underpass Mampang diuji coba. Fotografer: Samsudhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Uji coba Underpass Mampang mengakibatkan arus lalu lintas menjadi lancar. Kondisi berbeda terjadi saat uji coba Underpass Matraman yang melahirkan kemacetan di kawasan Matraman. Ini penyebabnya.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Yusmada Faizal, menjelaskan kunci Underpass Mampang membuat lancar lalu lintas karena perubahan lalu lintasnnya tergolong lebih sederhana.

"Sejauh ini positif lancar-lancar saja. Antrean begitu panjang lima menit sudah clear," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Yusmada Faizal . Foto: Samsdhuha Wildansyah/detikcom

"Ya di sini (perubahan arus di Underpass Mampang) lebih sederhana. Perubahan lalin tidak begitu banyak. Di Matraman kemarin, sekalian ada pengaturan baru lalin. Proklamasi dibikin dua arah," kata Yusmada, di lokasi uji coba Underpass Mampang, Rabu (11/4/2018).

Namun demikian, kata dia, kemacetan akibat perubahan arus lalu lintas itu dapat diatasi. "Kondisi awal perubahanadapengondisian dulu kemarin kan, kira kira pukul 11.00 WIB hingga pukul 12.00 WIBsudahclear (lancar)," ujar dia.
Underpass Matraman lengang. Namun, lalu lintas di kawasan Matraman macet akibat rekayasa lalin.  waktu tempuh dari arah Jalan Pramuka ke Jalan Proklamasi bisa mencapai satu jamFoto: Underpass Matraman lengang. Namun, lalu lintas di kawasan Matraman macet akibat rekayasa lalin. Waktu tempuh dari arah Jalan Pramuka ke Jalan Proklamasi bisa mencapai satu jam Fotografer: Ibnu Hariyanto/detikcom

'Horor' macet yang biasa menghiasi jalur Mampang menuju Kuningan ini berangsur lenyap setelah uji coba Underpass Mampang. Kemacetan terurai dalam hitungan menit. "Sejauh ini positif lancar-lancar saja. Antrean begitu panjang lima menit sudah clear," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Yusmada Faizal sebelumnya.

Sementara pemandangan berbeda terjadi saat uji coba Underpass Matraman. Underpass Matraman tampak lengang. Sedangkan arus lalu lintas di kawasan Matraman mengalami kemacetan. Kemacetan horor di Matraman membuat waktu tempuh dari arah Jalan Pramuka ke Jalan Proklamasi bisa mencapai satu jam. Biasanya, untuk melalui rute tersebut hanya membutuhkan waktu 20 menit.

Pantauan, di lokasi pertigaan Jl Tambak hingga Jalan Proklamasi sekitar pukul 13.05 WIB pada Selasa 10 April 2018 tampak sejumlah petugas Dishub DKI dan Dinas Bina Marga DKI melakukan pelebaran jalur. Petugas tersebut mengeser dan memindah barrier beton yang sudah terpasang.

Arus lalu lintas dari Jl Pramuka ke arah Cikini, masih terpantau macet. Kendaraan hanya bisa melaju sangat pelan.

Dishub DKI Jakarta juga telah mengevaluasi rekayasa arus lalu lintas. Pada Selasa 11 April ini, jalur untuk kendaraan di Jalan Proklamasi ke pertigaan Stasiun Cikini lebih lebar dari jalur kendaraan arah Stasiun Cikini menuju Jalan Pramuka. (aan/dhn)