Urai Kemacetan di Matraman, Dishub DKI Siaga Sejak Pagi

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 11 Apr 2018 00:37 WIB
Foto: Mochammad Zhacky Kusumo/detikcom
Foto: Mochammad Zhacky Kusumo/detikcom
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meninjau aktivitas Dinas Perhubungan DKI di sekitar underpass Matraman. Dia menilai ada dua penyebab kemacetan di lokasi tersebut.

Sandi tiba lokasi tepatnya di depan Menteng Square, Jalan Pramuka, Jakarta Pusat, Selasa (10/4/2018), sekitar pukul 22.20 WIB. Kadishub Andri Yansyah dan Kadis Bina Marga DKI Yusmada Faizal lebih dulu tiba.

"Arahan saya kepada Kadishub dan Kadis Bina Marga bahwa tadi pagi dan sore justru menimbulkan kemacetan yang bertambah, misalnya dari arah timur ke barat. Ini murni karena mungkin satu sosialisasi dari alur baru lalu lintas yang belum diketahui masyarakat. Nomor dua, ada beberapa penumpukan yang terjadi diakibatkan separator yang kurang rapat," kata Sandi.

Andri sendiri menjelaskan kemacetan di sekitar underpass Matraman dikarenakan penumpukan kendaraan dari Jalan Pramuka ke arah Jalan Proklamasi. Arah sebaliknya, juga dari arah Jalan Tambak menuju Jalan Pramuka, terpantau kondusif.

"Sekarang yang kita lagi memutar otak dari timur ke barat, dari (Jalan) Pramuka ke Proklamasi. Karena dari timur ke barat cuma satu jalan. Kalau dari Proklamasi ke Pramuka itu sudah kondusif, karena dia punya banyak alternatif. Satu lewat (jalan) Kramat, lewat RSCM, atau dia memanfaatkan underpass. Tiga dia punya alternatif," papar Andri.

Untuk mengurai penumpukan kendaraan dari Jalan Pramuka menuju Jalan Proklamasi, Dishub DKI akan melakukan pelebaran jalur. Mulai besok, jalur untuk kendaraan di Jalan Proklamasi ke pertigaan Stasiun Cikini lebih lebar dari jalur kendaraan arah Stasiun Cikini menuju Jalan Pramuka.

"Kita juga sudah melakukan pelebaran, yang tadinya dua jalur, sekarang kita sudah mendapatkan tiga jalur. Mulai dari (Jalan) Tambak ke Proklamasi," terang Andri.

Untuk besok, petugas Dishub DKI akan bersiaga di sekitar underpass Matraman untuk mengatur lalu lintas bersama pihak kepolisian.

"Besok kita akan menempatkan petugas mulai pukul 05.30 WIB. Lebih pagi lagi sehingga tidak ada penumpukan dan tidak ada kebingungan para pengguna jalan," jelas Sandi.

Kemacetan horor di kawasan underpass Matraman membuat waktu tempuh dari arah Jalan Pramuka ke Jalan Proklamasi bisa mencapai satu jam. Biasanya, untuk melalui rute tersebut hanya membutuhkan waktu 20 menit. (zak/jor)