DetikNews
Selasa 10 April 2018, 21:30 WIB

Debat Cagub Jatim

Dicecar Khofifah soal Kemiskinan, Gus Ipul 'Bawa' Pakde Karwo

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Dicecar Khofifah soal Kemiskinan, Gus Ipul Bawa Pakde Karwo Foto: Deny Prasetyo Utomo/detikcom
FOKUS BERITA: Debat Cagub Jatim
Jakarta -

Terjadi perdebatan panas antara cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf. Gus Ipul membawa nama Gubernur Jatim Soekarwo saat debat soal kemiskinan.

"Jawa Timur pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata, ekspornya tertinggi di semua provinsi, migas kedua setelah Riau. Dari pertumbuhan yang tinggi, kita melihat ada PR. Jantung republik ini ada di Jawa Timur, tidak boleh ketimpangan tidak cepat diatasi. Kemiskinan di Jatim menggelembung di pedesaan 15,58 persen, di perkotaan 7,7 persen. Jadi apa yang sudah dilakukan Gus Ipul selama 9 tahun ini?" kata Khofifah mengawali perdebatan arena debat perdana cagub Jatim di Dyandra Convention Center, Surabaya, Selasa (10/4/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Gus Ipul lantas menjawab. Dia menuturkan, selama pemerintahan Soekarwo-Saifullah Yusuf, angka kemiskinan bisa ditekan. Namun belakangan terjadi pelambatan.

"Dari 16 sekian persen sekarang 11,2 persen. Memang ini masih tinggi dari rata-rata nasional. Kenapa melambat? Ada beberapa hal, kemiskinan sudah masuk kerak, kedua pertumbuhan tidak merata. Sekarang di Surabaya, di sini, tanda kutip serbaada, coba nyeberang di Pulau Madura," jawab Gus Ipul.

"Saya ingin dijelaskan ini bukan soal kemiskinan, ini ketimpangan di perkotaan sampai dua kali, apa yang dilakukan menanggulangi kemiskinan yang di pedesaan 15,58 persen?" tanya Khofifah lagi.


"Ini tentu bersama Pak Gubernur, kita belum sepenuhnya," jawab Gus Ipul.

"Tim penanggulangan kemiskinan di berbagai daerah itu Wakil Gubernur," cecar Khofifah.

"Di Jakarta Wakil Presiden," jawab Gus Ipul lagi.

"Saya bilang di daerah," tegas Khofifah.

"Di Jakarta memang Wakil Presiden, di daerah Wakil Gubernur," jelas Gus Ipul.

"Tentu agenda utama kita bagaimana mengatasi kemiskinan dan ketimpangan itu agenda kami. Kalau saya ditanya tim penanganan ketimpangan Jawa Timur tidak mandiri ini tergantung juga dengan gubernur. Wakil Gubernur tidak bisa menentukan sendiri, anggaran tetap ditentukan Gubernur. Dan saya mendampingi Pak Gubernur ketika menanggulangi masalah kemiskinan. Saya di samping Pak Gubernur," jelas Gus Ipul.


(van/ear)
FOKUS BERITA: Debat Cagub Jatim
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed