DetikNews
Selasa 10 April 2018, 19:15 WIB

PDIP: Manuver #2019GantiPresiden karena Tak Bisa Saingi Jokowi

Zunita Oktavia Erwanti - detikNews
PDIP: Manuver #2019GantiPresiden karena Tak Bisa Saingi Jokowi Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai gerakan #2019GantiPresiden sebagai manuver politik. Hasto menganggap orang yang membuat manuver tersebut tidak dapat menyaingi elektabilitas Presiden Joko Widodo.

"Saya melihat itu sebagai sebuah manuver politik karena mereka nggak bisa melakukan ketika elektabilitas Pak Jokowi yang tinggi dan juga kepemimpinan ketika Pak Jokowi turun ke rakyat, rakyat berbondong-bondong dengan penuh antusiasme menyambut pemimpinnya," kata Hasto kepada wartawan di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (10/4/2018).


Hasto mengaku tidak terlalu mengambil pusing mengenai gerakan itu. Seperti yang disampaikan Jokowi, lanjutnya, yang dapat mengganti presiden adalah rakyat melalui pemilu, bukan gerakan #2019GantiPresiden.

"Dalam konteks seperti itu, kita ini kan berkebudayaan Timur, kita ini kan Pak Jokowi sudah memberikan penjelasan, ganti presiden itu hanya rakyat yang bisa menentukan melalui pemilu," kata dia.


Dalam kontestasi politik, Hasto menuturkan, seharusnya politik riil yang diberikan kepada rakyat dengan cara bekerja di tengah rakyat, bukan lantaran faktor suka atau tidak suka.

"Mengapa kami memilih memberikan dukungan yang jauh lebih efektif dengan bekerja di tengah rakyat, itu gambaran politik riil di tengah rakyat, politik riil itu membangun peradaban politik riil. Bukan asal berbicara hanya karena faktor suka atau tidak suka," jelas dia.

Hasto juga meminta masyarakat memilih pemimpin yang optimistis membangun masyarakat, bukan yang pesimistis.

"Maka rakyat juga harus memberikan pilihan bahwa yang namanya pemimpin itu menyatukan, membangun peradaban, bukan memecah-belah bangsa, membangun optimisme, bukan pesimisme," tegas dia.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed