DetikNews
Selasa 10 April 2018, 18:18 WIB

Bamsoet Duga Pemodal Jakarta 'Susupi' Pilkada Langsung

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Bamsoet Duga Pemodal Jakarta Susupi Pilkada Langsung Bamsoet (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Ada alasan lain di balik sikap Ketua DPR RI Bambang Soesatyo yang mendorong agar pilkada langsung dievaluasi. Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menyinggung soal pemodal Jakarta yang 'menyusup' lewat pilkada.

"Kalau kita biarkan, ini akan hancur lagi. Banyak pemodal Jakarta sudah melakukan ekspansi ke daerah-daerah, memodali kepala daerah yang berpotensi namun tidak punya uang," kata Bamsoet di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/4/2018).


Bamsoet menduga para pemodal Jakarta ini menyasar daerah-daerah potensial yang menggelar pilkada. Dia tak ingin kebijakan di daerah diatur-atur pihak luar.

"Terutama daerah-daerah yang mengandung banyak tambang dan perkebunan," ucap Bamsoet.


Politikus Golkar itu mendorong agar pilkada dikembalikan lewat DPRD. Sekali lagi Bamsoet menegaskan pilkada langsung banyak mudaratnya, termasuk soal penguasaan pemodal asing di daerah-daerah.

"Kalau dibiarkan, daerah-daerah akan dikuasai pemodal di pusat, bahkan bukan tidak mungkin dikuasai para pemodal di luar negeri, di mana kebijakan kepala daerah itu lebih menguntungkan pemodal itu," sebut Bamsoet.
(gbr/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed