DetikNews
Selasa 10 April 2018, 17:58 WIB

Madagaskar Dukung Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Madagaskar Dukung Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB Menlu Madagaskar Henry Rabary-Njaka dan Menlu RI Retno Marsudi (M Fida Ul Haq/detikcom)
FOKUS BERITA: RI Anggota DK PBB
Badung - Indonesia memiliki misi untuk masuk ke dalam anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) periode 2019-2020. Madagaskar mendukung Indonesia maju menjadi anggota tidak tetap DK PBB.

Dukungan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Madagaskar Henry Rabary-Njaka dalam pertemuan tertutup dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi di di sela-sela Indonesia Africa Forum, Bali Nusa Dua Convention Center, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Selasa (10/4/2018).



"Terakait Bu Menlu, Madagaskar dapat mendukung Indonesia dalam pencalonannya sebagai dewan tidak tetap keamanan PBB," kata Henry Rabary-Njaka.

Sementara itu, Retno menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan yang diberikan oleh Madagaskar. Dia berharap Indonesia dapat menjadi anggota tidak tetap DK PBB pada periode 2019-2020.

"Saya mengapresiasi sekali dukungan Madagaskar untuk Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK PBB," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai pertemuan .



Indonesia akan bersaing dengan dua perwakilan negara Asia lainnya untuk menjadi anggota tidak tetap DK PBB.Perlu diketahui, DK PBB terdiri atas lima anggota tetap dan sepuluh tidak tetap. Lima anggota tetap adalah Tiongkok, Prancis, Rusia, Inggris, dan AS. Sedangkan sepuluh anggota tidak tetap saat ini adalah Bolivia, Mesir, Ethiopia, Italia, Jepang, Kazakhstan, Senegal, Swedia, Ukraina, dan Uruguay.

Indonesia pernah menjadi anggota tidak tetap DK PBB pada periode 1973-1974, 1995-1996, dan 2007-2008. Anggota tidak tetap dipilih berdasarkan beberapa blok regional. Untuk terpilih, kandidat harus mendapatkan suara 2/3 anggota.


(fdu/dnu)
FOKUS BERITA: RI Anggota DK PBB
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed