DetikNews
Selasa 10 April 2018, 17:12 WIB

Bamsoet Sebut Pilkada Langsung Bisa Sebabkan Suami-Istri Cerai

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Bamsoet Sebut Pilkada Langsung Bisa Sebabkan Suami-Istri Cerai Foto: Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Gibran-detikcom)
Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo kukuh mendorong agar pemilihan kepala daerah dikembalikan ke DPRD. Menurutnya, banyak sekali mudarat pilkada langsung, salah satunya bisa menghancurkan biduk rumah tangga.

"Suami-istri bisa pisah ranjang, cerai, gara-gara pilihan berbeda. Anak-bapak demikian karena ternyata yang satu terima dari pasangan A Rp 500 ribu, yang satu terima dari B Rp 200 ribu, mereka bertengkar," kata Bambang yang akrab disapa Bamsoet itu di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/4/2018).


Bamsoet menjelaskan kalau wacana pilkada kembali ke DPRD baru sebatas wacana. Dia akan mengembalikan wacana itu kepada para ketum parpol.

"Kita di DPR bukan dalam memutuskan langsung mengembalikan (pilkada) ke DPRD," ucap Bamsoet.

Bamsoet menegaskan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri, mengisyaratkan menyetujui pilkada kembali ke DPRD. Menurutnya, sistem pilkada langsung membuat para kepala daerah rawan korupsi.


Biaya politik yang tinggi, disebut Bamsoet, menjadi salah satu mudarat pilkada langsung dan menimbulkan perilaku koruptif. Kepala daerah yang korupsi itu disebutnya menyusahkan Kemendagri.

"Pemerintah juga prihatin, kan, pemerintah dalam hal ini Mendagri. Banyak kepala daerah ketangkap kan langsung berpengaruh terhadap pemerintahan daerah di bawah tanggung jawab daerah," ucap politikus Golkar itu.
(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed