DetikNews
Selasa 10 April 2018, 16:37 WIB

Soal JOIN Jokowi-Cak Imin, Dede Yusuf: Rakyat Mau Beli Tidak?

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Soal JOIN Jokowi-Cak Imin, Dede Yusuf: Rakyat Mau Beli Tidak? Ketua DPP Partai Demokrat, Dede Yusuf (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meresmikan posko pemenangan Jokowi-Cak Imin (JOIN). Ketua DPP Partai Demokrat Dede Yusuf menilai suksesnya 'dagangan politik' ini tentu tergantung calon pembeli, yakni rakyat.

Meski begitu, setiap orang memiliki hak untuk mendeklarasikan diri sebagai peserta Pilpres 2019. Bahkan Dede Yusuf juga bakal melakukan pendeklarasian diri bila punya cukup duit.

"Nggak apa-apa. Siapapun boleh mendeklarasikan dirinya masing-masing. Kalau saya punya duit, saya deklarasikan diri saya juga. Sebenarnya nggak apa-apa juga karena itu kan hak," kata Dede Yusuf di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (10/4/2018).



Ia kemudian menuturkan segala keputusan pada akhirnya akan dikembalikan kepada pemilih di Pilpres 2019. Apakah akan 'membeli' Cak Imin sebagai pemimpin Indonesia atau tidak.

"Bahwa nanti rakyat membeli atau tidak itu kembali pada masyarakat. Jadi poinnya sih setiap partai punya hak yang sama. Mendeklarasikan dirinya maupun ketumnya itu sah-sah aja," tuturnya.



Ketua Komisi IX DPR itu mengungkapkan bahwa di dalam kontestasi Pemilu dan Pilpres yang berbarengan seperti saat ini wajar jika seluruh partai politik 'menjual' tokoh-tokoh terbaiknya. Karena itu, semua partai politik sedang berupaya untuk memajukan tokohnya masing-masing.

"Sebab, kawan-kawan perlu mengetahui, dengan adanya Pemilu dan Pilpres bareng-bareng, maka harus ada tokoh yang dijual. Jadi semuanya sekarang sedang berupaya agar ada tokoh dari partainya yang layak dijual untuk mengangkat partainya itu sendiri. Dan menurut saya wajar sekali," tutup Dede.



Seperti diketahui, Cak Imin mendirikan posko pemenangan JOIN, singkatan dari Jokowi-Cak Imin, hari ini. Posko tersebut berada di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Pria yang juga menjabat Wakil Ketua MPR RI ini telah meresmikan tiga posko dalam kurun kurang dari tujuh hari. Dua Posko sebelumnya bernama Posko Cinta yang didirikan di Ciputat, Tangerang Selatan, dan satu posko lain di Gunungsugih, Lampung Tengah.


(yas/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed