Relawan Ikut 'Hunting' Tiket Capres Gatot Nurmantyo

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 09 Apr 2018 18:25 WIB
Relawan siap mencari tiket Gatot Nurmantyo nyapres. (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN) mulai bergerak hunting tiket untuk Gatot Nurmantyo bisa maju capres di Pilpres 2019. Mereka menyatakan telah berkirim surat untuk bersilaturahmi dengan partai peserta pemilu dalam upaya mencari tiket tersebut.

"Salah satu agenda kami menjalin silaturahmi kepada partai-partai yang ada di Indonesia ini. Bukan cuma Partai Bulan Bintang. Banyak partai sudah kita kirim surat untuk meminta audiensi," kata Sekjen RSPN Sumiarsi di kantor DPP PBB, Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (9/4/2018).

Hal itu disampaikan setelah RSPN bertemu dengan Sekjen PBB untuk bersilaturahmi dan memperkenalkan diri sebagai kelompok relawan pendukung Gatot. Namun ia belum menyebut partai mana lagi yang bakal didatangi.


"Kami tidak mau berandai-andai soal itu," ucapnya.

Selain RSPN, ada Presidium Nasional Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GNR) yang resmi mendeklarasikan eks Panglima TNI itu sebagai calon presiden. GNR mengaku hanya akan menghimpun kekuatan relawan untuk mengusung Gatot, tidak mencoba berkonsolidasi ke partai politik untuk mencari dukungan bagi jenderal purnawirawan bintang empat itu.

"Kalau soal itu bukan wilayah kita. Wilayah kita adalah menghimpun kelompok-kelompok relawan yang punya semangat yang sama untuk mengusung Pak Gatot Nurmantyo sebagai pemimpin nasional," ucap Ketua GNR Dondi Rivaldi kepada wartawan, Jumat (6/4) lalu.

Seperti diketahui, banyak dukungan relawan diberikan untuk Gatot setelah dia pensiun dari TNI pada akhir Maret lalu. Meski sudah banyak mendapat dukungan dari relawan, secara politik Gatot belum punya kekuatan. Hingga saat ini belum ada partai yang melamar atau mendekati Gatot.

Sedangkan untuk bisa maju, capres/cawapres harus mendapat dukungan parpol atau gabungan parpol minimal 20 persen kursi di DPR atau 25 persen suara sah Pemilu 2014. Padahal nama Gatot sudah berkali-kali masuk survei elektabilitas tokoh menjelang Pilpres 2019. (haf/elz)