DetikNews
Senin 09 April 2018, 13:41 WIB

Keren! Kampus UMI Sulap Kontainer Jadi Kelas hingga Kantin Kekinian

Ibnu Munsir - detikNews
Keren! Kampus UMI Sulap Kontainer Jadi Kelas hingga Kantin Kekinian Kampus UMI Makassar yang gedungnya dari kontainer (ibnu/detikcom)
Makassar - Kampus yang berdiri tinggi dengan halaman luas dan bangunan megah tentu sudah menjadi hal biasa. Namun, bagaimana jadinya, jika kampus dibangun dari peti kemas?

Hal ini terlihat di Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. Pihak kampus bersama mahasiswanya membuat inovasi dengan merancang kontainer/ peti kemas sebagai tempat proses belajar mengajar dan pengembangan kreativitas mahasiswa.


Namanya Cabin Campus Canteen (CCC) Fakultas Teknologi Industri (FTI) UMI Makassar. Tempat ini tak jauh dari tempat kekinian yang sedang menjamur di berbagai di Indonesia, yang banyak digemari khususnya anak muda dan remaja.

Keren! Kampus UMI Sulap Kontainer Jadi Kelas hingga Kantin Kekinian

Cabin Campus Canteen dibangun pada Mei 2017 ini dengan menggunakan 7 kontainer asli yang didatangkan dari luar negeri dan dipesan khusus. Kontainer ini kemudian didesain khusus, dan disusun rapi menyerupai bangunan rumah yang ikonik dan pastinya sangat cocok untuk para mahasiswa.

Dekan Fakultas Industri (FTI) UMI Makassar, Sakir Sabara mengatakan Cabin Campus Canteen milik FTI ini didesain khusus dengan tampilan menarik dan kekinian, agar mahasiswa bisa lebih nyaman, betah dan memotivasi semangat mengikuti proses belajar mengajar di kampus.
Keren! Kampus UMI Sulap Kontainer Jadi Kelas hingga Kantin Kekinian

"Ini memang kami desain khusus agar tampil kekinian, jadi mahasiswa juga bisa nyaman, betah di kampus mengikuti proses belajar mengajar," kata Sakir, di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Jalan Urip Sumoharjo, Senin (9/4/2018).

Sakit menambahkan, Cabin Campus Canteen ini tak hanya berdiri kokoh dan kekinian, tapi memiliki banyak fasilitas lain seperti Work Room, Meeting Hall, perpustakaan, tempat pementasan, dan tempat pameran karya mahasiswa, termasuk studio foto video dan cafe yang dalam waktu dekan akan dilaunching.

"Bukan cuman tampilanya yang kekinian, tapi kita desain lengkap dengan fasilitas pendukung mahasiswa dalam proses belajar mengajar, anak-anak pakai itu untuk belajar bisa lihat sendiri," terang Sakir.
Keren! Kampus UMI Sulap Kontainer Jadi Kelas hingga Kantin Kekinian

Lebih lanjut, untuk bangunannya, Cabin Campus Canteen UMI sendiri memiliki dua lantai yang masing-masing punya fungsi yang berbeda. Di lantai pertama Cabin Canteen akan digunakan untuk tempat makan dan nongkrong para mahasiswa, sedangkan untuk lantai dua digunakan untuk proses belajar mengajar, Workshop dan pementasan seni.

Soal anggaran, FTI UMI menggelontorkan dana Rp 1 miliar untuk membuat Cabin Campus Canteen.


Zakir berharap Cabin Campus Canteen ini dapat merubah pemikiran para mahasiswa untuk lebih maju dan berinovasi, dengan harapan dapat menjadi tempat nongkrong yang aman, sehat dan pastinya spot andalan untuk berkumpul mahasiswa.

"Kami harapkan mahasiswa bisa maju, kami siapkan tempat yang bagus, agar mahasiswa kami bisa maju, bersaing dengan mahasiswa lainya, dengan karya dan inovasi yang dimiliki," tutupnya.

FTI UMI pun mengajak kepada seluruh kalangan untuk datang dan mencoba suasana berbeda di Cabin Campus Canteen UMI, apakah anda tertarik mengunjunginya.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed